Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/72062
Title: Peran Pengawas Sekolah dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru
Authors: Maarif, M Syamsul
Najib, Mukhamad
Kurniawan, Wawan
Issue Date: 2014
Abstract: Dalam organisasi publik, cara bawahan bekerja sangat dipengaruhi dan cenderung bergantung pada kemampuan pimpinan. Bila pimpinan tidak memiliki kemampuan memimpin, maka tugas-tugas yang sangat kompleks tidak dapat dikerjakan dengan baik. Apabila manajer mampu melaksanakan fungsi-fungsinya dengan baik, sangat memudahkan organisasi tersebut dapat mencapai sasarannya. Suatu organisasi membutuhkan pemimpin yang efektif, mempunyai kemampuan memengaruhi perilaku anggotanya atau anak buahnya. Terdapat paling sedikit tiga pihak yang dinilai sangat menentukan keberhasilan maupun ketidakberhasilan pencapaian tujuan pendidikan, yaitu kepala sekolah, pendidik/guru, dan pengawas sekolah. Pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran di sekolah menuntut guru dan kepala sekolah untuk memperhatikan dan memahami Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang tertuang dalam PP No. 19 tahun 2005 beserta penjabarannya yang telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri pendidikan Nasional. Di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Kantor Wilayah DKI Jakarta, masih banyaknya persoalan pendidikan dilihat dari berbagai indikator seperti prestasi siswa dalam Ujian Nasional. Pada tahun 2013, sekolah di lingkungan Kemenag provinsi DKI Jakarta prestasinya jauh tertinggal oleh sekolah-sekolah lain yang berada dibawah binaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Data hasil ujian nasional tahun 2013 untuk tingkat SMP/MTs menunjukkan sekolah terbaik di lingkungan kemenag hanya menempati urutan ke 78 diantara 1200 sekolah. Demikian juga untuk tingkat SMA/MA baik untuk jurusan IPA, IPS atau Bahasa sekolah terbaik di lingkungan Kemenag hanya berada pada peringkat 79 dari 434 sekolah yang ada di DKI Jakarta. Metode kuantitaf dengan alat analisis menggunakan SEM, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pengawas sekolah dan kompetessi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru dari persepsi para guru. Penelitian ini membuktikan pengaruh peran pengawas sekolah dengan kinerja guru dinyatakan tidak signifikan, kompetensi manajerial kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dan peran pengawas sekolah berpengaruh signifikan terhadap kompetensi manajerial kepala sekolah. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bagaimana pola hubungan antara pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru. penelitian ini dapat menjadi acuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah melalui penguatan dan perbaikan manajemen sekolah.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/72062
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2014wku.pdf
  Restricted Access
Fulltext572.91 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.