Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/71386
Title: Efektivitas Promosi Kunjungan Sekolah Pada Mahasiswa Baru Program Strata S1 Institut Pertanian Bogor
Authors: Syamsun, Muhammad
Sarma, Ma’mun
Jayawinangun, Roni
Issue Date: 2014
Abstract: Penelitian ini dilakukan dengan survey kepada 400 mahasiswa baru Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi karakteristik dan pesan promosi mahasiswa baru IPB Tahun 2013, (2) menganalisis efektivitas promosi kunjungan sekolah pada Mahasisiwa Baru IPB Tahun 2013, dan (3) membandingkan efektivitas promosi kunjungan sekolah IPB antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan structural equation model (SEM) berbasis varian. Hasil penelitian ini adalah: (1) karakteristik mahasiswa IPB Tahun Ajaran 2013/2014 adalah perempuan, memiliki media sosial Facebook dan Twitter. Hal yang dipentingkan dari pesan dalam pemilihan perguruan tinggi adalah isi pesan dan cara penyampaiannya. Adapun yang menjadi fokus pesan adalah peluang kerja dan kehidupan kampus, (2) pesan yang disampaikan pada kunjungan sekolah dinilai efektif, dikarenakan pesan dari kunjungan sekolah berpengaruh terhadap variabel – variabel yang diukur pada consumer decision model sampai dengan variabel pemilihan nyata, (3) Terdapat perbedaan jalur optimal antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Adapun jalur optimal mahasiswa laki-laki adalah: pesan (F) – merek (B) – sikap (A) - niat untuk memilih (I) – pemilihan nyata (P). Sedangkan jalur optimal mahasiwa perempuan adalah : pesan (F) – merek (B) – kepercayaan (C) – niat untuk memilih (I) – pemilihan nyata (P).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/71386
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2014rja.pdf
  Restricted Access
Fulltext19.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.