Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/71132
Title: Efektivitas Iklan Sepeda Motor Honda Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada PT San Prima Sentosa)
Authors: Syamsun, Muhammad
Siregar, Edward H
Yunizar
Issue Date: 2014
Abstract: Semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang seiring dengan petumbuhan dan perkembangan perekonomian di era globalisasi, banyak perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dalam memasarkan hasil produksinya melalui strategi pemasaran. Salah satu strategi pemasaran yang dinilai memiliki pengaruh terhadap konsumen adalah melalui iklan. Iklan juga memilki peran dalam meningkatkan jumlah produksi dan penjualan. Pada tahun 2011, ATPM Honda telah mencapai angka produksi 30 juta unit, penaikan dari tahun sebelumnya yang mencapai 25 juta unit. Pencapaian tersebut memposisikan Honda sebagai produsen tertinggi di Indonesia sekaligus tertinggi di Asean. Tak heran, jika pada tahun tersebut telah membuat Honda menjadi pabrikan sepeda motor dengan volume produksi tertinggi dibandingkan dengan merek lain, khususnya untuk produk sepeda motor Honda model skutik yang memiliki porsi 55,70%, model bebek yang memiliki porsi 39,03% dan disusul dengan model sport 5,27%. Tujuan dari penelitian ini (1) Menganalisis efektifitas iklan sepeda motor Honda terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda. (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap keputusan pembelian konsumen untuk pembelian sepeda motor Honda. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu non-probability sampling dengan cara purposive sampling. Pengolahan dan analisis data menggunakan software Lisrel 8.72 dan Microsoft Excel. Program ini terdiri dari pengujian consumer decision model (CDM) dan structural model (SEM) dengan berbagai alat uji model. Penelitian ini dilakukan terhadap pembeli potensial diharapkan memberikan data yang lebih akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan yang ditayangkan ditayangkan di televisi dengan menggunakan metode analisis model struktural sudah mampu mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan dengan efektif kepada konsumen. Penyebaran informasi yang dilakukan melalui iklan televisi (F) mengenai iklan motor Honda secara efektif dapat mempengaruhi sampai kepada pembelian nyata (P), yaitu melalui pengenalan merek (B) yang merupakan landasan untuk terciptanya sikap (A) dan kepercayaan konsumen (C). Selanjutnya sikap konsumen (A) dapat memacu niat beli (I) serta melakukan pembelian nyata (P) dengan membeli motor Honda. Pesan iklan menjadi lebih efektif mempengaruhi niat beli hingga pembelian nyata melalui variabel pengenalan merek (B) yang merupakan variabel antara, artinya variabel pengenalan merek (B) dapat memperkuat pengaruh variabel pesan iklan (F) ke sikap konsumen (A).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/71132
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H14yun.pdf
  Restricted Access
full text1.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.