Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/71082
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMuljono, Pudji
dc.contributor.advisorPurnaningsih, Ninuk
dc.contributor.authorSukrapi, Multi
dc.date.accessioned2014-12-09T03:07:03Z
dc.date.available2014-12-09T03:07:03Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/71082
dc.description.abstractPendidikan adalah proses perubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha dewasa manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara dan perbuatan mendidik (Departemen Pendidikan Nasional 2008). Guru sebagai salah satu unsur dalam pendidikan lapangan harus berperan aktif dan menempatkan posisinya sebagai profesional sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Sebagai salah satu upaya untuk menciptakan guru yang profesional, pemerintah telah membuat aturan persyaratan untuk menjadi seorang guru. UU No.14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, Pasal 8 menyatakan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Namun dalam kenyataannya masih sedikit guru yang memenuhi syarat. Selain meningkatkan kompetensi profesional guru, upaya untuk meningkatkan kinerja guru juga bisa melalui peningkatan motivasi kerja guru. Guru mengajar karena ada sesuatu yang memotivasi dia untuk bekerja. Motivasi kerja ini menyebabkan guru akan bersemangat dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik karena kebutuhan mereka telah terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan ini terkait dengan kepuasan kerja, di mana harapan guru terpenuhi oleh fakta yang diberikan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kepenuhan, (2) menganalisis hubungan antara kompetensi profesional guru dengan kinerja guru, (2) menganalisis hubungan antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah setiap guru sekolah dasar negeri yang berada di Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu, dengan jumlah responden 71 orang. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kepenuhan sudah cukup baik, (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompetensi profesional dengan kinerja guru, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi dengan kinerja guru.en
dc.language.isoid
dc.subject.ddcDevelopment extensionen
dc.subject.ddcMotivationen
dc.subject.ddc2014en
dc.subject.ddcRiauen
dc.titleKompetensi Profesional, Motivasi dan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu, Riauen
dc.subject.keywordkompetensi profesionalen
dc.subject.keywordmotivasien
dc.subject.keywordkinerja guruen
Appears in Collections:MT - Human Ecology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2014msu1.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.