Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/71040
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSoedomo, Sudarsono
dc.contributor.authorMutiono
dc.date.accessioned2014-12-09T01:46:09Z
dc.date.available2014-12-09T01:46:09Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/71040
dc.description.abstractParadigma pembangunan hutan terbagi menjadi 2, yaitu the forest first dan the forest second. Penelitian ini menunjukkan fenomena kerangka pikir mahasiswa Fakultas Kehutanan dan mahasiswa Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) Fakultas Ekologi Manusia IPB terhadap pembangunan hutan. Penelitian dilakukan dengan metode observasional case studi. Jumlah mahasiswa yang diambil sebagai sampel yaitu sebanyak 20 mahasiswa Fakultas Kehutanan dan 10 mahasiswa Departemen SKPM. Hasil analisis uji Fisher menunjukkan bahwa nilai peluang yang dihitung dari setiap sub bahasan secara berturut-turut 0.67, 0.23, 0.67, 0.42, 0.28, 0.31 dan 0.67. Dasar keilmuan pokok ternyata belum cukup untuk membedakan persepsi mahasiswa dalam pembangunan hutan. Faktor motivasi untuk berkuasa dan paham penguasa diduga lebih mempengaruhi persepsi mahasiswa. Argumentasi mengenai perlunya pembuatan rencana kerja yang harus disetujui pemerintah, perlunya dokumen pengangkutan kayu, perlunya sistem silvikultur diatur oleh pemerintah serta perlunya kawasan hutan dilandasi oleh paradigma the forest first. Argumentasi mengenai tidak perlunya hal tersebut dilandasi oleh paradigma the forest second.en
dc.language.isoid
dc.subject.ddcForest managementen
dc.subject.ddcDevelopmenten
dc.subject.ddc2014en
dc.titleKerangka Pikir Mahasiswa dalam Pembangunan Hutanen
dc.subject.keywordpersepsien
dc.subject.keywordsosialen
dc.subject.keywordteknisen
dc.subject.keywordthe forest firsten
dc.subject.keywordthe forest seconden
Appears in Collections:UT - Forest Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
E14mut.pdf
  Restricted Access
Fulltext7.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.