Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/70073
Title: Tingkat Keberdayaan dan Strategi Pemberdayaan Konsumen
Authors: Amanah, Siti
Puspitawati, Herien
Asngari, Pang S.
Simanjuntak, Megawati
Issue Date: 2014
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Konsumen saat ini berada dalam pasar yang semakin kompleks, informasi yang semakin banyak, dan pilihan barang dan jasa yang semakin beragam. Masalah utama konsumen di Indonesia adalah rendahnya kesadaran akan hak dan tanggung jawabnya. Pendidikan konsumen menjadi sangat penting karena kompleksitas peredaran barang dan jasa, sehingga dibutuhkan penguatan kapasitas konsumen untuk membangun konsumen yang berdaya. Konsumen dikatakan berdaya jika memiliki keterampilan, pengetahuan, dan ketegasan, serta ketersediaan lembaga perlindungan dan undang-undang yang dirancang untuk mendukung peran konsumen. Secara umum, tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi intensitas pendidikan, keberdayaan konsumen, dan kesejahteraan subjektif konsumen, serta memformulasikan strategi pemberdayaan konsumen di Kabupaten dan Kota Bogor. Secara khusus, penelitian ini bertujuan: (1) menganalisis pengaruh karakteristik demografi dan kekosmopolitan terhadap intensitas pendidikan konsumen, (2) menganalisis tingkat keberdayaan konsumen di Kabupaten dan Kota Bogor, (3) menganalisis profil keberdayaan konsumen berdasarkan perspektif demografi dan kekosmopolitan, (4) menganalisis faktorfaktor yang memengaruhi keberdayaan konsumen, (5) menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kesejahteraan subjektif konsumen, dan (6) memformulasikan strategi pemberdayaan konsumen di Kabupaten dan Kota Bogor. Penelitian ini menerapkan metode survei dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Lokasi penelitian adalah di delapan desa dari empat kecamatan di Kabupaten dan Kota Bogor. Penelitian dilakukan mulai bulan April hingga Agustus 2013. Total responden penelitian adalah 320 ibu rumah tangga dengan masing-masing 160 responden dari Kabupaten dan Kota Bogor Data yang dikumpulkan adalah karakteristik demografi, kekosmopolitan, faktor lingkungan, intensitas pendidikan konsumen, keberdayaan konsumen, dan kesejahteraan subjektif konsumen. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) faktor konfirmatori dan komponen utama, (2) independent sample t-test, One Way Anova and Mann Whitney, (3) korelasi Pearson, (4) regresi linier berganda, dan (5) Structural Equation Modeling (SEM). Hasil uji beda antara wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, disimpulkan bahwa usia dan besar keluarga tidak berbeda nyata, sedangkan pendapatan, pendidikan, dan kekosmopolitan berbeda nyata. Pada variabel intensitas pendidikan konsumen, frekuensi dan media pendidikan konsumen berbeda nyata, sedangkan kejelasan materi tidak berbeda antara kedua wilayah. Di antara kedua wilayah, keberdayaan konsumen adalah berbeda nyata, sebaliknya kesejahteraan subjektif konsumen tidak berbeda nyata. Untuk Kabupaten dan Kota Bogor, responden yang semakin kosmopolit akan mendorong akses terhadap pendidikan konsumen dengan media yang beragam dan frekuensi yang lebih sering. Secara spesifik untuk Kabupaten Bogor, iii vi semakin tinggi pendidikan formal juga akan meningkatkan frekuensi dan akses terhadap media pendidikan konsumen. Tingkat keberdayaan konsumen di Kabupaten dan Kota Bogor adalah masih rendah, dengan keberdayaan konsumen di kota lebih baik dibandingkan kabupaten. Diantara tiga dimensi keberdayaan konsumen, ketegasan konsumen adalah yang paling rendah skornya dibandingkan pengalaman praktik tidak adil pelaku usaha dan pemenuhan hak konsumen, sedangkan keterampilan konsumen adalah yang paling tinggi skornya. Berdasarkan profil perspektif karakteristik demografi dan kekosmopolitan, kelompok usia yang paling tidak berdaya adalah dewasa lanjut ( 60 tahun), kelompok yang miskin, pendidikan formal ≤ 9 tahun (maksimal SMP), dan tidak kosmopolit. Untuk kabupaten, keberdayaan konsumen meningkat secara langsung dan tidak langsung dengan karakteristik demografi responden semakin muda, pendapatan semakin besar, dan pendidikan formal yang semakin tinggi. Secara langsung, keberdayaan konsumen meningkat dengan faktor lingkungan semakin baik, responden semakin kosmopolit, dan intensitas pendidikan konsumen semakin baik. Untuk kota, keberdayaan konsumen meningkat secara langsung maupun tidak langsung dengan karakteristik demografi responden semakin muda, pendapatan yang semakin besar dan pendidikan formal yang semakin tinggi. Secara langsung, keberdayaan konsumen meningkat dengan faktor lingkungan yang semakin baik dan responden yang semakin kosmopolit. Keberdayaan konsumen di kota tidak dipengaruhi oleh intensitas pendidikan konsumen. Kesejahteraan subjektif konsumen paling rendah pada dimensi perlindungan konsumen dan pendidikan konsumen pada wilayah Kabupaten dan Kota Bogor. Untuk kabupaten, konsumen akan semakin tinggi kesejahteraannya, dengan semakin intensifnya pendidikan konsumen, semakin sedikit kelompok rujukan, dan semakin terjangkau harga makanan kemasan. Untuk kota, kesejahteraan subjektif konsumen akan semakin tinggi pada konsumen dengan pendidikan formal yang lebih rendah, semakin intensifnya pendidikan konsumen, semakin tersedia dan terjangkaunya harga makanan kemasan, dan semakin berdayanya konsumen. Strategi generik pemberdayaan konsumen di kabupaten dan kota adalah pendayagunaan telepon genggam untuk sosialisasi tentang pendidikan dan perlindungan konsumen, pengayaan materi pendidikan konsumen dalam bahan ajar, dan sosialisasi dan fasilitasi perlindungan konsumen. Strategi khusus di kabupaten adalah penyediaan sarana/prasarana komunikasi bermedia untuk memfasilitasi pendidikan konsumen secara massa/kelompok dan pelibatan Penyuluh KB dalam pemberdayaan konsumen. Strategi khusus di kota adalah peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan konsumen. Strategi lainnya yang melibatkan pelaku usaha dan konsumen adalah peningkatan peran pelaku usaha dalam memberdayakan konsumen dan peningkatan kemandirian konsumen.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/70073
Appears in Collections:DT - Human Ecology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2014msi.pdf
  Restricted Access
Fulltext54.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.