Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/69650
Title: Efektivitas Iklan terhadap Penjualan Jasa pada CV. ARKT Nicle Crome Cibinong
Authors: Munandar, Jono M.
Annisa, Nia Bilqis
Issue Date: 2014
Abstract: Di Kota Bogor dan sekitarnya, permintaan pasar untuk jasa pelapisan crome meningkat dengan pesat dalam lima tahun terakhir. Hal ini mencerminkan perkembangan usaha jasa ini sangat menguntungkan dan mengundang banyak perusahaan baru untuk memberikan jasa pelapisan crome kepada konsumen. Peningkatan tersebut berdampak pada persaingan antara perusahaan. Oleh sebab itu, maka para pelaku usaha crome memilih strategi promosi yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1. Mengidentifikasi promosi yang dilakukan oleh CV. ARKT Nicle Crome; 2. Menganalisis efektivitas promosi CV. ARKT Nicle Crome; dan 3. Menguji apa kahter dapat perbedaan tingkat penjualan CV. ARKT Nicle Crome sebelum dan sesudah promosi. EPIC model dan Uji-t digunakan untuk mengevaluasi kekuatan sebuah promosi yang berkaitan dengan kemampuan promosi itu untuk mendapatkan perhatian, mudah tidaknya promosi itu dipahami, sertakemampuan promosi itu menggugah perasaan dan mempengaruhi perilakucalonpelanggan.Pengumpulan data dilakukan melaluipengisian kuesioner kepada 153 orang respondendanwawancara dengan pihak manajemen CV. ARKT Nicle Crome.Uji instrument dilakukandenganujivaliditas dan ujireliabilitas.EPIC Model digunakan untuk mengukur keefektifan promosi, dan pengujian statistika (uji-t) dilakukan untuk menguji perbedaan tingkat penjualan sebelum dan sesudah promosi. Hasil pengukuran efektivitas promosi dengan EPIC model dengan brosur adalah: dimen siempati sebesar 3,326, artinyaefektif, dimensipersuasi sebesar 3,551 artinya efektif, dimensi dampak sebesar 3,895, artinya efektif dan dimensikomunikasisebesar 4,077, artinyaefektif. Skor EPIC model dengan brosur secara keseluruhan adalah 3,712, artinya promosi yang dilakukan oleh CV. ARKT Nicle Crome Cibinong adalah efektif.Hasil pengukuran efektivitas promosi melalui website adalah: dimensi empati sebesar 2.925, artinyacukup efektif, dimensi persuasi sebesar 3,500 artinyaefektif, dimensi dampak sebesar 3,506, artinya efektif dan dimensi komunikasi sebesar 3,672, artinya efektif. Skor EPIC model dengan website secara keseluruhan adalah 3,401, artinya promosi yang dilakukan oleh CV. ARKT Nicle Crome Cibinong melalui webSite adalah efektif.EPIC rate pada brosur adalah 3.712 sedangkan EPIC rate pada web site adalah 3.401. Keduanya sama-sama efektif, namun efektivitas promosi melalui brosur lebih besar dibandingkan web site.Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata (signifikan pada alpha 5%) antara sebelum dan sesudah promosi. Konsisten dengan hasil analisis EPIC model, rata-rata penjualan sesudah iklan lebih besar dibandingkan dengan rata-rata penjualan sebelum iklan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/69650
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H14nba.pdf
  Restricted Access
full text34.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.