Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/64733
Title: Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat dan Manfaat Ekonomi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Chevron Geothermal Salak, Ltd. Bidang Ekonomi di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor
Authors: Sehabudin, Ujang
Sutowo, Irpan Ripa'i
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
manfaat program CSR CGS
indeks kepuasan masyarakat (IKM)
corporate social responsibility (CSR)
Issue Date: 2013
Abstract: Aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan memiliki berbagai dampak terhadap lingkungan, baik lingkungan internal maupun lingkungan eksternal. Dampak-dampak yang ditimbulkan tersebut mendorong adanya konsep tanggungjawab sosial dan lingkungan atau biasa disebut corporate social responsibility (CSR). Ketentuan hukum positif untuk mengatur regulasi pelaksanaan CSR di Indonesia terdapat dalam Pasal 74 UU Nomor 40. Pasal tersebut berisi tentang kewajiban perseroan terbatas yang menjalankan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumberdaya alam untuk melaksanakan tanggungjawab sosial dan lingkungan. Pemberdayaan masyarakat sangatlah penting dilakukan guna meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang diukur oleh masyarakat dunia dengan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang saat ini masih di bawah negara-negara ASEAN lainnya. Chevron Geothermal Salak, Ltd. (CGS) salah satu perusahaan yang melakukan kegiatan tanggungjawab sosial (CSR) di wilayah operasinya yaitu di empat desa Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Desa binaan CGS yaitu Desa Ciasihan, Ciasmara, Cibunian, dan Purwabakti yang terdiri dari Kelompok Tani Kacapi, Celempung, Berkah Tani, dan Karya Mandiri, selain itu pendampingan dilakukan pada kelompok pemuda empat desa tersebut dan Koperasi SiRaA. Program-program CSR CGS telah berlangsung sejak tahun 2005 s.d. sekarang dan telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat setempat. Berdasarkan hal tersebut permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu apakah manfaat-manfaat yang dirasakan dari adanya program, berapakah nilai indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap program, dan bagaimana tingkat kesesuaian antara kinerja pelayanan program dengan harapan masyarakat. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif yang meliputi penilaian persepsi responden dan informan pada program CSR CGS; perhitungan nilai IKM dan nilai kesesuaian antara kinerja dengan harapan masyarakat. Sedangkan metode kualitatif yang dilakukan meliputi deskripsi dan pembahasan data kuantitatif yang diolah, serta studi literatur mengenai manfaat program, IKM, dan kesesuaiannya. Hasil analisis kualitatif menunjukan bahwa teridentifikasi manfaat-manfaat program CSR CGS yang meliputi, meningkatkan skill, meningkatkan pendapatan, membantu akses permodalan, meningkatkan kemandirian, manfaat yang berkelanjutan. Nilai IKM sebesar 2,75 dikonversi menjadi 68,75, dengan nilai mutu pelayan B dan terkategori Baik. Secara keseluruhan didapat tingkat kesesuaian antara kinerja program dengan harapan masyarakat cukup tinggi yaitu sebesar 78,37 persen yang artinya kepentingan masyarakat sudah terpenuhi dengan baik sebesar 78,37 persen.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/64733
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File SizeFormat 
H13irs.pdf
  Restricted Access
3.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.