Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/64508
Title: FUNGSI PENGASUHAN DAN INTERAKSI DALAM KELUARGA TERHADAP KUALITAS PERKAWINAN DAN KONDISI ANAK PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA (TKW)
Other Titles: Parental Function and Family’s Interaction to Marrital Quality and Child’s Condition in Family of Migran Woman Workers
Authors: Puspitawati, Herien
Setioningsih, Shely Septiana
Keywords: parenting
migran woman workers
marrital quality
family’s interaction
child’s condition
Issue Date: Jan-2011
Publisher: Jurnal IKK
Series/Report no.: 4;1
Abstract: Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis dukungan sosial, fungsi pengasuhan, interaksi dalam keluarga, kualitas perkawinan, dan kondisi anak pada keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW). Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dan retrospektif. Jumlah keseluruhan responden adalah 47 keluarga TKW yang memiliki anak usia sekolah. Data dianalisis secara deskriptif, uji korelasi Pearson, uji beda T Test, dan uji regresi. Hasil penelitian menemukan bahwa keluarga partisipan memiliki dukungan sosial dalam kategori sedang dan pengasuhan dalam kategori tinggi. Interaksi suami-istri dan interaksi ayah-anak tergolong dalam kategori tinggi, sedangkan interaksi ibu-anak dalam kategori sedang. Namun, lebih dari separuh anak memiliki stres kategori sedang dan prestasi di sekolah dalam kategori rendah. Sebagian besar responden memiliki kualitas perkawinan yang tinggi. Interaksi antara ayah-anak dan interaksi antara suami-istri berpengaruh positif terhadap kualitas perkawinan. Lama istri sebagai tenaga kerja wanita memiliki dampak negatif terhadap kondisi anak. Namun, pendapatan berpengaruh positif pada kondisi anak.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/64508
ISSN: 1907 - 6037
Appears in Collections:Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen

Files in This Item:
File SizeFormat 
jikk vol4 no1.pdf139.7 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.