Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/64180Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.advisor | Aminah, Mimin | |
| dc.contributor.author | Muttaqin, Taufiq | |
| dc.date.accessioned | 2013-06-19T03:12:43Z | |
| dc.date.available | 2013-06-19T03:12:43Z | |
| dc.date.issued | 2013 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/64180 | |
| dc.description.abstract | Pendidikan yang terlaksana di Indonesia secara umumnya terbagi menjadi dua model yaitu, terstruktur maupun tidak terstruktur. Model yang terstruktur diselenggarakan serangkaian kegiatan pembelajaran bersifat formal dan noformal, sedangkan yang tidak terstruktur bersifat informal. Pendidikan nonformal adalah kegiatan belajar yang disengaja oleh warga dan pembelajar di dalam suatu latar yang diorganisasi (berstruktur) yang terjadi di luar sistem persekolahan. Primagama Quantum Kids Bogor merupakan salah satu lembaga bimbingan belajar yang bersifat nonformal yang telah hadir pada tahun 2011. Penelitian ini bertujuan (1) mengidentifikasi bauran promosi yang dilakukan oleh lembaga bimbingan belajar Primagama Quantum Kids sebagai salah satu Lembaga yang menawarkan bimbingan belajar di Bogor, (2) mengidentifikasi karakteristik responden yang ada pada lembaga bimbingan belajar Primagama Quantum Kids Bogor, (3) menganalisis efektifitas bauran promosi di lembaga bimbingan belajar Primagama Quantum Kids Bogor. Penelitian ini dilakukan di JL. KH. Abdullah Bin Nuh Ruko Taman Yasmin Sektor VI NO.204 Bogor pada bulan Juni 2012 sampai Juli 2012. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling sebanyak 90 responden. Analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Validitas dan Reliabilitas, Analisis EPIC Model dan DRM .Pengolahan data dibantu dengan Microsoft Excel 2007 dan program SPSS versi 15.00 for windows. Bauran promosi Primagama Quantum Kids Bogor, yaitu: periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan penjualan perorangan. Periklanan menggunakan media cetak, media elektronik, dan media luar ruangan. Promosi penjualan dilakukan melalui berbagai kegiatan promosi yang bersifat jangka pendek dan jangka panjang. Kegiatan hubungan masyarakat adalah sebuah konsep yang menggunakan saran, publisitas produk, komunikasi perusahaan dan penyuluhan. Penjualan perorangan kegiatan menyampaikan informasi langsung kepada konsumen informasi yang diharapkan tujuan Lembaga bimbingan belajar Primagama Quantum Kids dapat tercapai. Karakteristik konsumen diketahui bahwa sebagian besar konsumen Primagama Quantum Kids Bogor adalah berusia 30-35 tahun (44,5%), pendidikan terakhir Diploma (36,7%), asal sekolah anak responden berasal dari SD swasta (94%), memiliki rata-rata pendapatan untuk anggaran pendidikan anak sebesar Rp.1.000.000-Rp.2.000.000 (47,78%), berjenis kelamin perempuan (85,6%), dan memiliki profesi pekerjaan swasta (41,2%). Hasil dari EPIC Model menunujukan bahwa dimensi Empathy memiliki rata-rata 3,68 atau berada dalam rentang skala efektif, dimensi persuation memiliki rata-rata 3,9 atau berada pada rentang skala efektif, dimensi impact memilik rata-rata 3,72 atau berada pada rentang skala efektif, dan dimensi communication memiliki rata-rata 3,68 atau pada rentang skala efektif. Menurut hasil penelitian, secara keseluruhan EPIC Rate adalah sebesar 3,73. Nilai ini berada pada rentang skala efektif. Nilai EPIC Rate yang dihasilkan menunjukan bahwa promosi yang dilakukan adalah efektif. Primagama Quantum Kids efektif dalam memperkenalkan program belajar kepada konsumen | en |
| dc.subject | Bogor Agricultural University (IPB) | en |
| dc.title | Analisis Efektifitas Bauran Promosi Pada Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Quantum Kids Bogor | en |
| Appears in Collections: | UT - Management | |
Files in This Item:
| File | Size | Format | |
|---|---|---|---|
| H13tmu.pdf Restricted Access | 2.2 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.