Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/63932
Title: Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap rumah makan nasi timbel M11 Kota Bogor, Jawa Barat
Authors: Kusnadi, Nunung
Kencana, Ria Rezki
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2013
Abstract: Industri kuliner di Kota Bogor berkembang dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari jumlah restoran yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Kota Bogor juga dihuni oleh berbagai komunitas mulai dari etnis, latar belakang budaya, mata pencaharian, dan tingkat pendapatan yang menyebabkan jenis restoran yang berkembang juga beraneka ragam mulai dari restoran etnik tradisional, kontinental, internasional, hingga oriental. Saat ini, masyarakat Kota Bogor cenderung memilih rumah makan etnis tradisional yang umumnya menyajikan suasana nyaman dan menyegarkan khususnya bagi masyarakat perkotaan yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Hal ini ditunjukkan dari jumlah restoran etnis tradisional di Kota Bogor pada periode 2007-2011 yang terus meningkat setiap tahunnya. Karena jumlahnya yang paling besar dibanding jenis restoran lain, maka restoran tradisional menghadapi persaingan usaha yang ketat. Nasi Timbel M11 merupakan salah satu rumah makan etnik tradisional Sunda yang dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan usaha kuliner di Kota Bogor dilihat dari jumlah penjualan nasi timbelnya yang relatif tidak menurun bahkan meningkat padahal ciri etnik belum diterapkan sepenuhnya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini perlu diidentifikasi ciri/atribut apa yang sesungguhnya ditawarkan Nasi Timbel M11 kepada konsumennya. Persaingan usaha ini akan selalu ada mengingat bisnis restoran di Kota Bogor semakin lama akan semakin berkembang. Untuk bertahan dalam persaingan usaha, perusahaan harus mampu memuaskan konsumennya. Dalam mengkaji kepuasan konsumen tersebut, penting untuk mengetahui karakteristik konsumen Nasi Timbel M11 dan melihat tingkat kepuasan mereka terhadap kinerja rumah makan ini. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui faktor yang menyebabkan rumah makan Nasi Timbel M11 mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan usaha 2) mengidentifikasi atribut/variabel yang ditawarkan Nasi Timbel M11 kepada konsumen, 3) mengidentifikasi karakteristik konsumen Nasi Timbel M11 dan 4) menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap rumah makan Nasi Timbel M11. Pemilihan rumah makan Nasi Timbel M11 sebagai lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa rumah makan M11 adalah salah satu restoran yang menghadapi tingginya persaingan dalam bidang kuliner di kota Bogor dan mampu bertahan dalam persaingan tersebut. Pengambilan data dilakukan pada bulan November – Desember 2012. Penelitian ini akan melihat hasil dari analisis tingkat kepuasan konsumen berdasarkan tingkat harapan dan kinerja aktual dengan menggunakan alat analisis Expectation Performance Analysis (EPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/63932
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H13rrk.pdf
  Restricted Access
full text1.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.