Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/63922
Title: Analisis strategi ketepatan waktu penjadwalan kereta api commuter line pemberangkatan Stasiun Bogor
Authors: Alim Setiawan S.
Wijaya, Nur Hadi
Putri, Kartika Dewanti
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2013
Abstract: Kereta api merupakan moda transportasi di Indonesia yang memiliki peranan penting dalam hal pengangkutan, baik penumpang ataupun barang. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa angkutan Indonesia, PT. KAI (Persero) bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam hal ketepatan waktu jadwal keberangkatan kereta api. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi ketepatan waktu penjadwalan KA Commuter Line pemberangkatan Stasiun Bogor, (2) Menganalisis alternatif strategi ketepatan waktu penjadwalan kereta api Commuter Line pemberangkatan Stasiun Bogor, (3) Menganalisis pemilihan strategi yang tepat untuk dilakukan perusahaan dalam mengatasi masalah ketepatan waktu penjadwalan kereta api Commuter Line pemberangkatan stasiun Bogor. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Data primer diperoleh melalui wawancara kepada pihak perusahaan.Data sekunder diperoleh melalui literatur, internet dan dokumen perusahaan.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Standar Deviasi, Control Chart, Analisis SWOT dan Analytic Hierarchy Process(AHP).Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel for Windows versi 2010 dan Expert Choice versi 11. Hasil penelitian dengan menggunakan control chart menyatakan bahwa penjadwalan KA Commuter Line pemberangkatan stasiun Bogor belum tepat waktu, karena sebaran penjadwalan berada diluar batas atas yaitu 52,08 dan batas bawah yaitu 22,43. Hal tersebut disebabkan oleh faktor sarana yang menjadi prioritas utama dalam pemilihan strategi ketepatan waktu penjadwalan KA Commuter Line pemberangkatan stasiun Bogor dengan bobot sebesar 0,474. Aktor yang paling berperan dalam pemilihan strategi ini adalah Supervisor Perjalanan Kereta Api dengan bobot sebesar 0,373 dan strategi yang terpilih adalah memelihara dan merawat seluruh aset sarana dan prasarana yang ada di Stasiun dengan bobot sebesar 0,328.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/63922
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H13kdp.pdf
  Restricted Access
full text1.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.