Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/63918
Title: Analisis efektivitas promosi produk diskon terhadap respons dan keputusan pembelian konsumen Di Giant Hipermarket Taman Yasmin Bogor
Authors: Munandar, Jono M.
Sutrisno, Hadhy
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2013
Abstract: Perkembangan perusahaan ritel modern dalam berbagai bentuk, yaitu berupa swalayan, minimarket, department store, supermarket hingga hypermarket di Indonesia, mengalami tingkat pertumbuhan yang sangat pesat. Kondisi seperti ini, mengakibatkan tingkat persaingan yang sangat ketat antar perusahaan ritel dalam kompetisi global dewasa ini. Untuk meningkatkan nilai tambah (value added) dan mempertahankan pangsa pasarnya (market share), Giant Hipermarket yang merupakan salah satu perusahaan ritel yang terkemuka di Indonesia, senantiasa selalu aktif dan rutin dalam mempromosikan produknya kepada masyarakat secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi kegiatan strategi promosi yang dilakukan oleh Giant Hipermarket Taman Yasmin, (2) Mempelajari proses pengambilan keputusan konsumen terhadap bauran promosi produk diskon yang dilakukan oleh Giant Hipermarket Taman Yasmin, (3) Menganalisis respons konsumen terhadap efektivitas bauran promosi produk diskon yang dilakukan oleh Giant Hipermarket Taman Yasmin. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak perusahaan, pengamatan langsung di tempat penelitian, pengisian kuesioner oleh responden. Data sekunder bersumber dari studi pustaka, internet, laporan tertulis atau dokumen perusahaan, serta data literatur lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling kepada 100 konsumen Giant Hipermarket Taman Yasmin. Proses pengolahan data dengan menggunakan analisis deskriptif, EPIC Model dan Direct Rating Method (DRM), dengan bantuan software SPSS versi 16 for Windows dan Microsoft Excel. Strategi yang diterapkan pada kegiatan promosinya meliputi periklanan, promosi penjualan, penjualan personal, pemasaran langsung dan hubungan masyarakat. Proses pengambilan keputusan konsumen dalam tahap pengenalan kebutuhan, bahwa motivasi utama konsumen untuk berbelanja produk diskon adalah sesuai dengan minat dan kebutuhan (58%), lengkap dan banyak pilihan (53%). Pada tahap pencarian informasi, sumber informasi yang diperoleh konsumen berasal dari iklan promosi koran atau majalah (39%), untuk tahap evaluasi alternatif sebagai pertimbangan konsumen untuk berkunjung dan berbelanja produk diskon di Giant Hipermarket Taman Yasmin, karena faktor lokasinya strategis (59%). Pada tahap keputusan pembelian oleh konsumen terhadap produk diskon adalah terencana (63%), pada tahap pascapembelian, sebagian besar konsumen menyatakan puas (67%) dan konsumen yang bersedia untuk berbelanja produk diskon pada kesempatan yang lain di Giant Hipermarket Taman Yasmin (71%). Pengukuran efektivitas promosi dengan EPIC Model, menunjukkan bahwa promosi yang telah dilakukan oleh Giant Hipermarket Taman Yasmin, masuk dalam kategori promosi efektif. Hal ini juga berdasarkan hasil yang diperoleh melalui EPIC Rate menghasilkan skor sebesar 3,71 dan hasil yang diperoleh melalui pengukuran kekuatan sebuah promosi dengan Direct Rating Method (DRM), dengan skor 74,88 yang menunjukkan bahwa promosi yang telah dilakukan menunjukan hasil yang baik.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/63918
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H13hsu.pdf
  Restricted Access
full text31.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.