Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/63903
Title: Analisis kepuasan pelanggan produk madu super serta atribut yang dipentingkan (Studi Kasus C.V. Mutiara Tugu Ibu, Kota Depok, Jawa Barat)
Authors: Munandar, Jono M.
Sutarman, Deddy Cahyadi
Nugraha, Agung
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2013
Abstract: Madu super adalah produk madu yang dihasilkan oleh C.V. Mutiara Tugu Ibu (MTI), madu super sebagai salah satu produk unggulan C.V. MTI dalam mengembangkan usaha, selain meningkatkan kualitas dan mutu produk, tingkat kepuasan pelanggan merupakan salah satu fokus yang sedang dihadapi oleh perusahaan, dengan tujuan mengetahui sejauh mana tingkat tanggapan pelanggan dalam mengkonsumsi produk dan strategi apa yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dalam mengkonsumsi produk. Tujuan penelitian ini adalah mengoptimalkan hasil dari penelitian yang dilakukan meliputi, (1) Menganalisis karakteristik pelanggan madu super C.V. MTI, berdasarkan tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan (2) Menganalisis faktor–faktor yang dipentingkan pelanggan madu super C.V. MTI dan merupakan prioritas perbaikan (3) Menganalisis tingkat kepuasan pelanggan madu C.V. MTI (4) Menganalisis hubungan antara karakteristik pelanggan dengan tingkat kepuasan produk madu super C.V. MTI (5) Menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pelanggan madu super C.V. MTI. Kondisi lingkungan pemasaran dan usaha penetrasi pasar yang dilakukan C.V. MTI dengan melakukan varian produk dan promosi. Salah satunya dengan cara mengikuti beberapa kegiatan pameran, dengan cara membuka stand pameran atau gerai dibeberapa event, serta melakukan per janjian kerjasama dengan beberapa instansi, serta koperasi-koperasi di Instansi Pemerintah dan BUMN, dilakukan dengan bantuan instrument penelitian, berupa survei kepuasan konsumen dan hasil survei diolah dengan metode Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) dan Uji Analisis Chi-Square. Berikut hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut, atribut-atribut yang paling mendapatkan perhatian, pada (kuadran I) terdapat dua atribut, yaitu atribut keterangan tanpa adanya zat pengawet (A3) dan atribut komposisi bahan baku (A7). Indeks kepuasan total mendapatkan predikat PUAS, hal ini dilihat dari perhitungan CSI yang sebesar 76,45%. Pada uji analisis chi square antara karakteristik pelanggan dengan tingkat kepuasan total atribut madu super, diperoleh hasil bahwa pada karakteristik pelanggan, tidak terdapat hubungan yang signifikan terhadap tingkat kepuasan atribut produk madu super dan pada uji chi square, hubungan atribut produk terhadap karakteristik pelanggan produk terdapat dua atribut yang memiliki hubungan signifikan (0.00), yaitu atribut angka tingkat kebutuhan gizi (A9) mempunyai hubungan positif dengan atribut pendapatan perbulan dan atribut harga (A18) mempunyai hubungan positif dengan atribut kriteria usaha.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/63903
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H13anu.pdf
  Restricted Access
full text1.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.