Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62766
Title: Analisis Pengaruh Pengetahuan, Persepsi, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Dinar sebagai Investasi Pilihan (Studi Kasus Gerai Dinar Depok)
Authors: Munandar, Jono M.
Setyawan, Rizal
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: Inflasi yang terus-menerus terjadi tanpa bisa diprediksi secara pasti telah mengakibatkan banyak negara harus kehilangan nilai mata uang nya. Hal ini tentu berpengaruh pada perilaku investasi. Orang-orang mulai menyadari pentingnya investasi dan mencari investasi yang unggul. Sebagian besar investasi financial assets hanyalah berupa perjanjian-perjanjian yang tidak memiliki ketahanan terhadap inflasi. Ketika keadaan mulai bertambah buruk karena krisis ekonomi yang meluas, banyak orang yang mencari jaring penyelamat investasi mereka. Pada akhirnya kebanyakan ahli ekonomi menyarankan memilih investasi yang berupa riil assets seperti emas atau tanah. Namun dalam berinvestasi seseorang harus memperhatikan tingkat kebutuhan mereka, emas dan tanah termasuk jenis investasi jangka panjang. Ada beberapa jenis emas yang dapat digunakan untuk investasi, yaitu emas lantakan, perhiasan, dan koin emas (dinar). Dari ketiga jenis investasi emas itu, yang paling cocok untuk dijadikan investasi adalah koin emas (dinar). Dinar sudah teruji keunggulannya sejak 1400 tahun yang lalu, bahkan harga dinar terus meningkat mengikuti besarnya penurunan nilai mata uang. Untuk itulah Gerai Dinar membuka outlet dengan tujuan menyediakan dinar yang likuid bagi masyarakat. Pada kenyataannya, masih banyak orang yang belum mengetahui investasi dinar dan memilihnya sebagai investasi pilihan. Hal ini diduga karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian seseorang. Untuk itulah Gerai Dinar perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan investasi dinar untuk dapat menyusun strategi pemasaran yang lebih baik dalam menarik konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis faktor-faktor karakteristik konsumen gerai dinar, (2) menganalisis adanya hubungan antara karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian dinar, (3) menganalisis pengaruh pengetahuan terhadap keputusan pembelian dinar, (4) menganalisis pengaruh persepsi terhadap keputusan pembelian dinar, (5) menganalisis pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian dinar. Informasi dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara, sedangkan data sekunder didapat dari studi literature, artikel dan internet. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini antara lain analisis tabulasi deskriptif, analisis tabulasi silang (cross tabs), dan regresi logistik. Pengolahan data menggunakan software Microsoft Excel 2007 dan SPSS version 16.00 for Windows. Berdasarkan data primer, tabulasi deskriptif menunjukkan bahwa karakteristik konsumen Gerai Dinar sebagian besar adalah berjenis kelamin lakilaki dengan rentang usia 26-35 tahun dan pendapatan Rp.3.000.000,00 - Rp.5.000.000,00. Sedangkan tabulasi silang menunjukkan bahwa variabel karakteristik konsumen yang mempengaruhi keputusan pembelian dinar adalah usia, pendidikan, pendapatan perbulan, dan pengeluaran perbulan. Jenis kelamin dan pekerjaan yang di duga juga berpengaruh, ternyata tidak terbukti berpengaruh terhadap keputusan pembelian dinar.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62766
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10rse1.pdf
  Restricted Access
full text1.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.