Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62762
Title: | Penilaian Tingkat Teknologi Galangan Kapal Koperasi Pegawai Negeri Dinas Perikanan DKI Jakarta di Muara Angke |
Authors: | Novita, Yopi Vita Rumanti K Natapraja, Muhammad Anggi |
Issue Date: | 2010 |
Publisher: | IPB (Bogor Agricultural University) |
Abstract: | Galangan Kapal Koperasi Pegawai Negeri Dinas Perikanan DKI Jakarta (KPNDP) adalah salah satu galangan yang terletak di komplek UPT BTPI Muara Angke Jakarta. Saat ini, kegiatan yang dilakukan di galangan kapal KPNDP hanya melayani kegiatan reparasi kapal bagi kapal-kapal yang berada di sekitar Muara Angke dan kapal-kapal yang singgah di Muara Angke. Banyaknya kapal yang melakukan reparasi, menimbulkan antrian di galangan. Lamanya waktu reparasi kapal dan proses antrian tersebut dapat mempengaruhi tingkat kepuasan para pemilik kapal dan berpengaruh pula pada produktivitas galangan. Dengan demikian, perlu dilakukan upaya peningkatan teknologi yang dapat memperbaiki mekanisme reparasi kapal dan memperpendek waktu reparasi kapal. Namun sebelumnya, perlu dilakukan penilaian terhadap tingkat teknologi yang ada di galangan kapal KPNDP. Penilaian tingkat teknologi dilakukan dengan menghitung nilai TCC (technology contribution coefficient) dari komponen teknologi technoware (perangkat keras), humanware (perangkat pelaku), infoware (perangkat informasi), dan orgaware (perangkat organisasi). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2008 dengan menggunakan studi kasus sebagai metode penelitian di galangan kapal KPNDP. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan teknik reparasi kapal di galangan kapal KPNDP. Selanjutnya, untuk menilai tingkat teknologi pada galangan digunakan model teknometrik dengan menilai kontribusi komponen teknologi yang diterapkan di galangan, meliputi komponen technoware, humanware, infoware, dan orgaware. Tahapan reparasi di galangan kapal KPNDP terdiri atas: persiapan, pemeriksaan, pembersihan, penggantian kayu yang rusak berat, pemakalan, pembakaran, pendempulan, dan pengecatan. Nilai kontribusi komponen technoware memiliki nilai kontribusi terendah sebesar 0,328 sedangkan komponen humanware memiliki kontribusi tertinggi sebesar 0,626. Nilai TCC dari galangan kapal KPNDP sebesar 0,415 menunjukkan bahwa teknologi di galangan tersebut sudah wajar dan dapat dikatakan tingkat teknologi galangan kapal tersebut berada pada level semi modern. |
URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62762 |
Appears in Collections: | UT - Fisheries Resource Utilization |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
C10man.pdf Restricted Access | fullteks | 5.76 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf Restricted Access | Abstract | 281.01 kB | Adobe PDF | View/Open |
BAB I Pendahuluan.pdf Restricted Access | BAB I | 287.27 kB | Adobe PDF | View/Open |
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf Restricted Access | BAB II | 411.01 kB | Adobe PDF | View/Open |
BAB III Metode Penelitian.pdf Restricted Access | BAB III | 430.21 kB | Adobe PDF | View/Open |
BAB IV Keadaan Umum Galangan.pdf Restricted Access | BAB IV | 1.47 MB | Adobe PDF | View/Open |
BAB V Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted Access | BAB V | 3.56 MB | Adobe PDF | View/Open |
BAB VI Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted Access | BAB VI | 277 kB | Adobe PDF | View/Open |
Cover.pdf Restricted Access | Cover | 288.7 kB | Adobe PDF | View/Open |
Daftar Pustaka.pdf Restricted Access | Daftar Pustaka | 287.76 kB | Adobe PDF | View/Open |
Lampiran.pdf Restricted Access | Lampiran | 898.12 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.