Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62743
Title: Analisis Hubungan Bauran Produk Terhadap Brand Switching Pada Produk Indomie Regular-Goreng
Authors: Septiani, Stevia
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: Industri mie instan merupakan salah satu industri yang potensial di Indonesia. Hal ini tercermin dari posisi Indonesia yang menempati urutan kedua dalam Expanding Market-National Trends in Instant Noodles Demands di dunia. Peluang yang besar dalam industri mie instan, membuat banyak perusahaan memasuki industri ini, sehingga persainganpun terjadi begitu ketat. Salah satu pemain industri mie instan yang cukup kuat di Indonesia adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk. dengan produknya yang bermerek Indomie. Banyaknya merek mie instan yang beredar di pasar, semakin menyediakan ruang bagi konsumen untuk melakukan perpindahan merek. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis alasan-alasan penyebab peralihan konsumen (mahasiswa) dalam mengkonsumsi mie instan, (2) mengidentifikasi dan menganalisis persepsi konsumen (mahasiswa) mengenai brand image Indomie Regular-Goreng, (3) menganalisis implikasi dari hubungan bauran produk Indomie-Regular Goreng terhadap brand switching. Informasi dan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil pengamatan langsung melalui kuesioner yang didistribusikan kepada 100 orang responden yang merupakan mahasiswa IPB program S1. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode quota sampling. Data sekunder diperoleh dari kajian literatur, studi pustaka, dan internet. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif menggunakan tabulasi silang, uji Cochran, Brand Switching Pattern Matrix (Markov chain) serta korelasi Rank Spearman. Dari hasil penelitian mengenai alasan berpindah merek didapat bahwa dari sisi bauran produk, kualitas merupakan alasan utama bagi mahasiswa dalam berpindah merek, sedangkan di luar lingkup bauran produk, harga menjadi alasan kuat bagi mahasiswa untuk melakukan perpindahan merek. Brand image Indomie Regular-Goreng (dalam lingkup bauran produk) berdasarkan uji Cochran meliputi : rasa yang enak dan gurih, aroma khas mie goreng, dapat diandalkan keinstanannya, mie goreng berkualitas, mereknya mudah diucapkan, mereknya mudah dikenali, mereknya mudah diingat, mereknya memiliki kesan positif, kemasannya praktis, memiliki kelengkapan informasi pada kemasan, nama merek dicantumkan pada kemasan, memiliki label Depkes RI dan memiliki label halal MUI. Sedangkan analisis korelasi Rank Spearman menunjukkan kualitas, bentuk, merek, kemasan dan ukuran merupakan unsur-unsur bauran produk yang memiliki hubungan dengan perpindahan merek. Penelitian ini merekomendasikan pihak Indomie Regular-Goreng untuk memperbaiki kinerja dari faktor-faktor yang dapat menyebabkan dan berhubungan dengan perpindahan merek pada konsumen seperti kualitas bentuk, merek, kemasan, ukuran dan harga. Demi menjaga image produknya, perusahaan juga perlu menyesuaikan strategi produknya dengan karakteristik dan preferensi konsumen saat ini.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62743
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10sse.pdf
  Restricted Access
full text3.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.