Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62721
Title: Analisis Efektivitas Promosi Melalui SMS Broadcast Esia Pada Sikap dan Persepsi Mahasiswa Strata Satu Institut Pertanian Bogor
Authors: Hubeis, Musa
Purnomo, Tri Atmojo
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: Keadaan saat ini menuntut banyak perusahaan untuk lebih selektif dalam mengalokasikan budgetnya. Belanja pemasaran, promosi dan komunikasi biasanya dipangkas demi efisiensi. Dalam kondisi seperti ini, internet dan media digital lainnya mulai dilirik secara serius sebagai media alternatif yang cenderung lebih murah dalam kegiatan pemasaran. Hal ini sejalan dengan jumlah pengguna selular di Indonesia yang mencapai lebih dari 159 juta orang, maka terdapat peluang besar untuk memanfaatkan teknologi selular sebagai media penyampaian promosi. SMS Broadcast menjadi salah satu alternatif yang saat ini mulai digemari para pemasar dalam memasarkan produknya, misalnya PT. Bakrie Telecom yang bergerak dalam penyedia layanan kartu selular sebagai media promosi baik untuk produk/layanannya maupun produk perusahaan lain yang menggunakannya sebagai salah satu media promosinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis efektivitas promosi melalui SMS Broadcast Esia, serta (2) Menganalisis pengaruh sikap dan persepsi konsumen terhadap efektivitas promosi melalui SMS Broadcast Esia. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer berasal dari hasil penyebaran kuesioner kepada mahasiswa program Strata Satu Institut Pertanian Bogor. Data sekunder berasal dari berbagai literatur seperti buku, tulisan ilmiah, internet dan media massa. Empathy, Persuation, Impact & Communication (EPIC) Model untuk menganalisis efektivitas promosi melalui SMS Broadcast ESIA. Analisis kanonik digunakan untuk melihat hubungan antara peubah dependent dengan peubah independent. Analisis regresi linear berganda untuk menganalisis pengaruh persepsi dan sikap konsumen terhadap efektivitas promosi melalui SMS Broadcast Esia dengan bantuan software SPSS versi 15.0. Analisis efektivitas promosi melalui SMS Broadcast Esia dengan menggunakan EPIC Model memberikan EPIC Rate 1,95 yang berarti bahwa secara keseluruhan penerapan SMS Broadcast Esia cukup efektif dalam mempromosikan produk atau layanan yang ditawarkan. Hasil analisis pengaruh sikap dan persepsi konsumen terhadap efektivitas promosi melalui SMS Broadcast Esia menunjukkan bahwa sikap dan persepsi konsumen berpengaruh secara keseluruhan terhadap efektivitas promosi melalui SMS Broadcast Esia (80,98%) dan uji F menunjukkan pengaruh nyata secara keseluruhan. Peubah “efektivitas 9” (pemahaman) merupakan peubah dependent yang paling dominan diantara peubah efektivitas lainnya dengan bobot (0,621124). Peubah “sikap 2” (pengetahuan produk) dan peubah “persepsi 6” (informasi pembelian) merupakan peubah independent yang paling dominan diantara peubah sikap dan persepsi lainnya dengan masing-masing bobot 0,355327 dan 0,336409.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62721
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10tap1.pdf
  Restricted Access
full text2.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.