Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62683
Title: Analisis Strategi Pemasaran Jasa Freight Forwarding pada PT. SILkargo Indonesia dalam Perspektif Fasilitasi Perdagangan ASEAN
Authors: Munandar, Jono M.
Radius
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: Indonesia saat ini memasuki era pasar global dimana hambatan perdagangan semakin menurun dan tingkat persaingan meningkat. Salah satu bentuk dari upaya menurunkan hambatan perdagangan adalah dengan fasilitasi perdagangan. Fasilitasi perdagangan adalah membuat suatu perdagangan antar negara untuk lebih transparan, konsisten dan dapat diprediksi. Dengan adanya fasilitasi perdagangan, terjadi peningkatan arus perdagangan di Asia Tenggara. Dengan semakin terbukanya pasar internasional dan meningkatnya arus perdagangan antar negara, maka semakin banyak perusahaan yang menyediakan jasa freight forwarding. PT. SILkargo Indonesia yang menggunakan brand SILkargo adalah salah satu perusahaan logistik yang bergerak di bidang jasa freight forwarding yang terpadu dengan jasa logistik lainnya. Untuk menang dalam persaingan maka PT. SILkargo Indonesia perlu memilih strategi pemasaran yang tepat. Strategi yang dibuat perlu memperhatikan profil kompetensi perusahaan sebagai faktor internal, serta memanfaatkan peluang eksternal yang salah satunya berupa fasilitasi perdagangan di Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi gambaran umum pasar dan pelanggan jasa freight forwarding PT. SILkargo Indonesia. (2) Memilih strategi pemasaran jasa freight forwarding pada PT. SILkargo Indonesia dalam perspektif fasilitasi perdagangan di ASEAN. Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari wawancara menggunakan kuesioner kepada manajemen PT. SILkargo Indonesia dan pakar dari bidang akademik yaitu dosen Pemasaran Internasional. Sedangkan data sekunder didapat dari berbagai sumber yaitu buku referensi, internet, dan skripsi dengan topik yang terkait. Pengolahan data menggunakan Microsoft Excel 2007, dan analisis data menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). PT. SILkargo Indonesia dengan menggunakan brand SILkargo memiliki target pasar pada agribisnis, industri manufaktur, dan pertambangan. Pelanggan SILkargo lebih banyak berasal dari pasar internasional dengan persentase 58 persen, pasar domestik sebesar 41 persen, dan 3 persen berasal dari gabungan keduanya di bidang air freight. Pelanggan domestik SILkargo lebih banyak menggunakan jasa logistik terpadu (61,6%) daripada hanya jasa freight forwarding secara parsial (38,4%). Pelanggan internasional lebih banyak menggunakan custom clearance dengan persentase 37,5 persen. Hasil pengolahan vertikal untuk faktor terhadap tujuan utama, menempatkan efisiensi pelabuhan pada prioritas pertama dengan bobot 0,435. Pengolahan vertikal untuk kriteria tujuan perusahaan, mementingkan penetrasi pasar pada prioritas pertama dengan bobot sebesar 0,444. Kemudian pengolahan vertikal alternatif strategi terhadap tujuan utama, menempatkan strategi mendekati lokasi pelanggan dan fokus kepada pemilik kargo sebagai prioritas utama dengan bobot sebesar 0,228.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62683
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10rad.pdf
  Restricted Access
full text1.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.