Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62680
Title: Analisis Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Dan Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Obat Paten/Bermerek Pada Apotik Wahana - Bekasi
Authors: Munandar, Jono M.
Matagiwa, Parabil
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: Pro dan kontra jenis obat selalu menjadi isu menarik di bidang kesehatan dan farmasi. Sebagian besar masyarakat dan bahkan dokter menganggap bahwa obat paten/bermerek lebih baik daripada obat generik. Obat paten/bermerek diartikan sebagai obat yang berkualitas tinggi, dapat memberikan penyembuhan yang maksimal, dan memiliki citra sebagai obat bergengsi dengan harga yang lebih mahal. Preferensi konsumen terhadap obat paten/bermerek hingga saat ini terus berkembang sehingga mengakibatkan obat generik mulai banyak ditinggalkan dan kurang diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengamati perilaku konsumen obat paten/bermerek dan mempelajari proses keputusan pembeliannya, serta mencari tahu apa yang menjadi faktor dan yang melatar belakangi konsumen lebih cenderung memilih obat paten/bermerek. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen yang membeli obat paten/bermerek, (2) Menganalisis proses keputusan konsumen dalam pembelian obat paten/bermerek, (3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap obat paten/bermerek. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis faktor. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui karakteristik konsumen obat paten/bermerek dan proses pengambilan keputusannya. Analisis faktor dilakukan dengan metode PCA (Principal Component Analysis) terhadap satu per satu dimensi kualitas produk obat paten/bermerek yang dilihat dari kinerja produk (performance), keistimewaan produk (features), kehandalan (reliability), kesesuaian produk (conformance), daya tahan produk (durability), pelayanan (serviceability), estetika (aesthetics), dan kesan kualitas (perceived). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan karakteristik sebagian besar responden yang membeli obat paten/bermerek adalah konsumen yang berusia 24 - 30 tahun dan berjenis kelamin perempuan. Dimana status perkawinan sebagian besar responden yang diteliti adalah orang-orang yang sudah menikah. Pembelian obat paten/bermerek didominasi oleh konsumen dengan pendidikan terakhir SMA/SMK. Sebagian besar responden berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Selain itu, mayoritas konsumen adalah orang–orang dengan pendapatan rata–rata per bulan Rp 1.500.000 – Rp 3.000.000 dan Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000. Dari hasil analisis regresi berganda, diketahui bahwa usia dan pendapatan signifikan berpengaruh nyata terhadap pembelian obat paten/bermerek.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62680
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10pma.pdf
  Restricted Access
full text1.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.