Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62658
Title: Kajian Strategi Pemasaran Produk Sepeda Motor Automatic Merek Yamaha pada PT. Plaza Asia Kreasindo Motor Parung
Authors: Munandar, Jono M.
Bangun, Nova Sofianna Natalia Br
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: Perkembangan industri otomotif di Indonesia khususnya industri sepeda motor saat ini sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang ditandai dengan munculnya berbagai merek produk motor baru di Indonesia. Masingmasing perusahaan memasarkan produk yang memiliki keunikan dan karakteristik yang berbeda, sehingga dapat menimbulkan daya tarik bagi konsumen dan persaingan pada perusahaan semakin ketat. PT. Plaza Asia Kreasindo Motor Parung merupakan salah satu dealer resmi Yamaha Indonesia yang bergerak di bidang otomotif penjualan kendaraan roda dua dengan merek dagang Yamaha. Dalam penjualan sepeda motor Yamaha Automatic, Plaza Motor Parung belum mencapai target yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Jika dilihat dari penjualan nasional sepeda motor, Yamaha Automatic menempati urutan pertama dengan mengalahkan Honda Vario. Oleh karena itu, Plaza Motor Parung membutuhkan strategi pemasaran terbaik dalam upaya meningkatkan pangsa pasar dan bersaing dengan dealer-delaer lainnya yang sudah ada. Tujuan penelitian yaitu : (1) Menganalisis faktor lingkungan internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan pemasaran sepeda motor merek Yamaha di Plaza Motor Parung, (2) Menganalisis faktor lingkungan eksternal yang menjadi peluang dan ancaman pemasaran sepeda motor merek Yamaha di Plaza Motor Parung, (3) Menghasilkan alternatif strategi pemasaran yang terbaik dengan memperhatikan lingkungan perusahaan. Penelitian dilaksanakan di PT. Plaza Asia Kreasindo Motor Parung yang berlokasi di Jalan Raya Jampang Nomor 46, Kemang-Parung, Bogor. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Penarikan sampel menggunakan Metode Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur dan pengisian kuesioner oleh responden. Pengolahan data menggunakan program Microsoft Excel. Analisis data diawali dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal Plaza Motor Parung. Setelah itu data ini diproses dalam tiga tahap yaitu tahap masukan (input stage) dengan menggunakan Matriks IFE dan Matriks EFE, kemudian tahap kedua adalah tahap pencocokan (matching stage) dengan menggunakan Matriks IE, Matriks SWOT dan Matriks SPACE, tahap terakhir adalah tahap keputusan (decision stage) dengan menggunakan Matriks QSP. Berdasarkan hasil analisis lingkungan internal dan eksternal dianalisis lima faktor internal yang menjadi kekuatan Plaza Motor Parung, empat faktor internal yang menjadi kelemahan, empat faktor eksternal peluang dan empat faktor eksternal yang menjadi ancaman Plaza Motor Parung. Hasil analisis matriks IE yaitu pada sel II dengan strategi Growth and Build dan hasil analisis matriks SPACE perusahaan berada pada tipe strategi agresif. Hasil analisis matriks SWOT menghasilkan sejumlah alternatif strategi untuk memudahkan dalam penilaian para responden pada matriks QSP. Strategi yang terpilih hasil penentuan prioritas menggunakan QSPM yaitu Market Penetration Strategy, yakni melakukan kegiatan promosi penjualan yang intensif dan efektif agar penjualan semakin meningkat serta meningkatkan usaha publisitas dengan nilai TAS sebesar 5,262.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62658
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10nsn.pdf
  Restricted Access
full text1.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.