Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62656
Title: Analisis Efektivitas Manajemen Piutang pada Perusahaan X
Authors: Irwanto, Abdul Kohar
Pebriani, Nenny
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: Penjualan dan piutang usaha perusahaan terus meningkat dan mencapai puncaknya pada tahun 2008, akan tetapi pos laba operasi bersih yang semula mengalami peningkatan ternyata mengalami penurunan di tahun 2008. Mengingat sistem penjualan yang digunakan oleh perusahaan adalah sistem penjualan secara kredit, maka peningkatan volume penjualan akan berdampak langsung bagi peningkatan jumlah piutang. Apabila peningkatan jumlah piutang tidak diikuti dengan pengelolaan yang baik maka piutang yang diharapkan berakhir dengan penerimaan kas dikhawatirkan akan berubah menjadi piutang tak tertagih dan menyebabkan laba yang diterima menjadi berkurang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi gambaran mengenai praktek manajemen piutang, (2) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan tingkat efektivitas manajemen piutang dan (3) untuk mengidentifikasi kinerja dan mengetahui keefektifan pengelolaan manajemen piutang. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Maret hingga Juni 2010. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer (wawancara dengan pihak manajemen perusahaan) dan data sekunder (laporan keuangan perusahaan dari tahun 2007 hingga tahun 2009, skripsi, buku-buku dan artikel yang terkait dengan penelitian). Data tersebut kemudian di analisis dengan menggunakan beberapa metode, yaitu analisis 5C, analisi rasio keuangan, analisis investasi piutang, analisi horizontal, analisis vertical dan analisis umur piutang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pengelolaan manajemen piutang pada Perusahaan X belum efektif. Angka rasio likuiditas yang terlalu tinggi menimbulkan kecurigaan bahwa perusahaan memiliki piutang yang telah lama terjadi dan sulit untuk di tagih. Rendahnya angka rasio perputaran piutang serta tingginya angka rasio penagihan rata-rata menunjukkan bahwa perusahaan belum mampu melakukan penagihan piutang dengan baik. Dari analisis umur piutang pelanggan diketahui bahwa masalah yang sering terjadi adalah masalah keterlambatan pembayaran serta ketidaksesuaian jumlah piutang dengan jumlah yang terjadi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62656
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10npe.pdf
  Restricted Access
full text1.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.