Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62567
Title: Analisis Positioning Ragusa Es Italia dalam Industri Es Krim di Jakarta
Authors: Munandar, Jono M.
Zamahsyarie, Fauzan
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: Implementasi strategi pemasaran sangat dinamis. Proses evolusinya berkembang secara eksponensial. Perusahaan-perusahaan berlombaa-lomba membuat strategi yang tepat agar bisa memenangkan persaingan. Dari sekian banyak strategi, secara garis besar dikelompokkan menjadi tiga yaitu Marketing 1.0 adalah era dimana perusahaan menghabiskan biaya yang banyak untuk beriklan. Marketing 2.0 adalah dimana pemasaran terasa lebih horizontal dengan dua alat utamanya yaitu internet dan komunitas-komunitas yang berkembang. Sedangkan dalam era marketing 3.0, adalah selain beriklan dan menggunakan komunitas serta internet, perusahaan tidak hanya menjual barang secara fisik, tapi juga nilai. Ragusa Es Italia sebagai kedai es krim tertua yang ada di Jakarta yang beroperasi sejak 1932 seperti tidak mengadaptasikan startegi dalam memasarkan produk. Mereka masih mempertahankan cara-cara lama dalam mengelola bisnis yang telah berjalan 78 tahun ini. Namun ada hal yang cukup unik. Dalam Top Brand Index 2009 yang dirilis Frontier Consulting Group, Ragusa menempati posisi 10 besar top brand toko es krim yang ada di Indonesia. Padahal Ragusa hanya memiliki 4 toko. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen Ragusa Es Italia, (2) mengetahui atribut toko es krim yang dianggap paling penting oleh konsumen Ragusa Es Italia dan bagaimana penerapannya, (3) menganalisis positioning Ragusa Es Italia dalam industri es krim di Jakarta, dan (4) memberikan rekomendasi strategi bagi Ragusa Es Italia. Informasi dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara, sedangkan data sekunder didapat dari studi literatur, artikel dan internet. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini antara lain analisis Importance and Performance Analysis (IPA), Semantic differential, dan Analisis Biplot. Pengolahan data menggunakan software Microsoft Excel 2007, SPSS version 15.00 for Windows dan Minitab versi 15. Hasil dari tabulasi silang menunjukkan bahwa usia mempengaruhi klasifikasi pekerjaan, pendapatan, besar penghasilan untuk konsumsi, jumlah kunjungan dalam satu bulan, rekan saat kunjungan ke Ragusa, lama kunjungan, sumber informasi dan penyebab awal ketertarikan terhadap Ragusa. Karakteristik yang memiliki hubungan dengan pertimbangan memilih toko es krim adalah jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, pendapatan perbulan, pengeluaran per bulan untuk konsumsi, kepuasan, dan tujuan. Hasil dari IPA menunjukkan bahwa kebersihan toko dan keramahan pelayanan dinilai penting namun pelaksanaannya belum sesuai harapan. Rasa, tekstur, tampilan hidangan, variasi jenis es krim, kualitas, variasi rasa, harga, kenyamanan, dan kecepatan pelayanan dianggap penting dan pelaksanannya sesuai harapan. Lokasi toko, suasana, promosi, bonus, dan kemasan dianggap kurang penting dan kurang baik diterapkan. Warna dan merek yang terkenal dianggap tidak penting tapi mempunyai kinerja yang baik. Hasil dari analisis persaingan menggunakan semantik diferensial menunjukkan bahwa Ragusa Es Italia hanya unggul pada atribut harga yang sesuai. Baskin Robbins unggul pada atribut warna yang menarik, promosi menarik yang dilakukan, potongan harga serta bonus yang diberikan. Sedangkan Haagen Dasz mempunyai keunggulan paling banyak yaitu pada atribut rasa yang lezat, tekstur yang lembut, tampilan hidangan yang menarik, variasi jenis es krim, kualitas produk, rasa yang beragam, merek yang terkenal, lokasi toko yang mudah dijangkau, kebersihan toko, kenyamanan toko, keramahan pelayanan, kecepatan pelayanan, suasana yang menimbulkan nafsu makan dan kemasan yang menarik. Hasil dari analisis Biplot menunjukkan bahwa positioning Ragusa Es Italia berdasarkan persepsi konsumen adalah sebagai kedai es krim yang memiliki es krim dengan rasa yang lezat serta tekstur yang lembut, dan memiliki pelayanan yang cepat.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62567
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10fza.pdf
  Restricted Access
full text1.79 MBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I374.49 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II392.96 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metodologi Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III434.65 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV1.06 MBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V361.21 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover283.73 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka380.34 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran750.39 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan283.02 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.