Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62536
Title: Analisa Peningkatan Kinerja Pengiriman Pada Rantai Pasok Produk Susu Frisian Flag Indonesia Oleh PT YCH Indonesia
Authors: Mulyati, Heti
Setiawan, Alim
Lestawiyanti, Dita
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: PT YCH merupakan salah satu perusahaan distribusi produk. Salah satu produk yang distribusikan oleh PT YCH Indonesia adalah Frisian Flag Indonesia (FFI). Target sasaran dari proses distribusi produk FFI yang dilakukan oleh PT YCH Indonesia ialah toko atau agen yang berada di seluruh Indonesia yang dikelompokkan ke dalam 2 (dua) kategori yaitu pasar modern seperti Giant, Hero, Alfamart, Indomart, Yogyamart, Carefour, dan pasar-pasar tradisional atau distributor. Penelitian ini bertujuan (1). Mengidentifikasi wilayah pengiriman yang sering mengalami keterlambatan; (2). Menganalisis faktor yang menjadi penghambat proses distribusi produk susu FFI dari PT YCH Indonesia ke pasar modern; (3). Menganalisis faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap proses pendistribusian produk FFI dari PT YCH Indonesia sampai ke pasar modern. Penelitian ini dilakukan di PT YCH Indonesia yang berlokasi di Jalan Raya Kalimalang KM 2 Cibitung Bekasi Jawa Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 130 orang responden. Pengambilan contoh responden dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik judgement sampling. Data sekunder diperoleh dari dokumen perusahaan, perpustakaan, internet, dan buku-buku yang terkait dengan tema penelitian. Analisis data menggunakan analisis diagram sebab-akibat (fishbone), dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat pengolah data LISREL 8.50 Wilayah yang paling sering mengalami keterlambatan adalah wilayah M4 (Bandung, Bogor) dengan total keterlambatan pengiriman sebanyak 256 pengiriman dari 5.391 pengiriman yang dilakukan selama kurun waktu 5 bulan. Berdasarkan hasil analisis sebab akibat (fishbone) menunjukkan bahwa faktor yang menjadi penentu dalam proses distribusi yang dilakukan oleh PT YCH Indonesia terdiri dari beberapa faktor utama yaitu : i). Transportasi dan peralatan; ii). produk; iii). sistem informasi; iv). sumber daya manusia. Hasil analisis dengan metode Structural Equation Modeling (SEM). Besarnya pengaruh variabel laten bebas terhadap kinerja perusahaan: i). Produk (29%), ii). Sumber daya manusia (25%), iii). Transportasi dan peralatan (0,2%), iv). Sistem informasi (-13%). Berdasarkan nilai faktor muatan, besarnya indikator yang berpengaruh terhadap kinerja perusahaan: i). Kualitas produk (57%), ii). Pengiriman tepat waktu (54%), iii). Kuantitas produk (51%).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62536
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10dle.pdf
  Restricted Access
full text1.05 MBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I371.33 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II424.16 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III450.98 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV691.17 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V367.04 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover299.07 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka348.93 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran481.01 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan280.22 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.