Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/6159
Title: Jasa analisis air/air limbah industri, dan jasa konsultasi penanganan limbah industri
Authors: Suprihatin
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Limbah
Issue Date: 2006
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Seiring dengan meningkatnya kebutuhan industri terhadap pelayanan jasa analisis1 air bersih, air minum (dalam kemasan dan isi ulang), dan air limbah industri, serta meningkatnya permintaan pelayanan konsultasi penanganan limbah industri, maka jumlah pemakai jenis jasa ini diperkirakan akan terus meningkat. Untuk dapat memanfaatkan potensi tersebut secara ekonomis, serta untuk meningkatkan daya saing terhadap industri jasa sejenis, Lab. TML-IPB perlu mengembangkan kapasitas dan kualitas pelayanan. Pengembangan daya saing ini dilakukan melalui peningkatan kelengkapan dan kualitas fasilitas fisik, pengembangan dan implementasi sistem jaminan mutu pelayanan, dan intensifikasi/eksten-sifikasi kegiatan pemasaran. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pelayanan (kuantitas dan kualitas) untuk menyediakan jasa pengujian limbah industri (air/air limbah industri, sludge, dan limbah padat/B3), serta jasa konsultasi manajemen dan penanganan limbah industri dalam bentuk suatu Unit Usaha Jasa dan Industri (Unit UJI), melalui intensifikasi pemasaran/promosi, penambahan fasilitas laboratorium dan fasilitas administrasi, serta pengadaan fasilitas pendukung lainnya. Secara garis besar, pengembangan diarahkan untuk meningkatkan kapasitas dan mutu pelayanan yang dapat dinilai dariindikator sebagai berikut : a) jumlah industri pemakai jasa analisis dan jasa konsultasi, b) jumlah industri dan jumlah sample yang dianalisis, c) jumlah pelaksanaan training , d) keberadaan dokumen sistem mutu, dan e) sertifikat sistem mutu. Capaian sampai saat ini dan target pengembangan usaha ditunjukkan pada Tabel 1. Jumlah pemakai jasa dan jumlah sample yang dianalisis bervariasi, karena selama ini frekuensi perusahaan/industri memonitor air buangannya berkisar antara 1 – 6 bulan. Saat ini, sistem mutu laboratorium telah diimplementasikan, dan telah diakreditasi berdasarkan ISO/IEC 17025 atau SNI 19-17025-2000 oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional). Sertifikasi ini penting untuk meningkatkan daya saing Unit UJI terhadap jasa industri sejenis , dan untuk lebih menyakinkan kepada pemakai jasa (industri) bahwa Unit Uji mempunyai kemampuan teknis dan manajemen yang handal dalam memberikan pelayanan kepada konsumen . Dengan sistem mutu tersebut, praktek bisnis yang dijalankan mengikuti filosofi: Menulis semua yang dikerjakan, Mengerjakan semua yang ditulis, Merekam semua kegiatan, serta Melakukan perbaikan secara terus-menerus “ dengan paradigma “Shifting from trush by people towards trush by system” .
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/6159
Appears in Collections:Bussiness and Industry Services (Usaha Jasa dan Industri)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2006sup_supri.pdf153.24 kBAdobe PDFThumbnail
View/Open
2006sup_supri.doc47 kBMicrosoft WordView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.