Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60695
Title: Perubahan Pengetahuan Makanan Tradisional Gorontalo Dalam Tiga Generasi
Other Titles: Jurnal Inovasi Gorontalo
Authors: Napu, Arifasno
Syarief, Hidayat
Tanziha, Ikeu
Minarto
Keywords: Perubahan
Pengetahuan
Makanan Tradisional
Tiga Generasi
Issue Date: 2012
Publisher: Pemerintah Provinsi Gorontalo
Series/Report no.: Vol. 7 No. 3 Hal. 1-9;
Abstract: Sekarang ini makanan tradisional sudah mulai kurang dikenal dan bahkan ditinggalkan oleh generasi muda termasuk di Rorontalo. Dalam mengantisipasinya, di Gorontalo telah dilaksanakan kebijakan pelestarian dan pengembangnnya melalui mata pelajaran muatan local (mulok) ilmu gizi berbasis makanan tradisional Gorontalo (MTG) di pendidikan dasar (SD, SMP) dan menengah (SM/SMK). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pengetahuan MTG pada 3 generasi yaitu pada siswa yang menerima mulok dan tidak mulok, ibu siswa SMP kelas IX yangsedang bersekolah di Provinsi Gorontalo, mempunyai ibu dan nenek, suku Gorontalo serta serumah dengan ibunya. Penentuan contoh dilakukan dengan cara stratified random sampling karena populasi terdiri siswa yang mendapat mulok dan tidak mulok. Secara purposive ditentukan contoh SMP yang terdiri 2 sekolah mulok dan 2 tidak mulok di kabupaten/kota yang mempunyai kesamaan letak geografi dan tingkat akreditasi. Provinsi Gorontalo mempunyai 6 daerah kabupaten/kota sehingga contoh sekolah berjumlah 24 SMP (12 sekolah mulok dan 12 tidak mulok) dan setiap sekolah diwakili oleh 13 contoh siswa. ada 6 kategori pengetahuan MTG yaitu nama, jenis makanan, bahan yang digunakan, kandungan gizi, cara membuat, dan penggunaaannya. Pengatahuan MTG siswa mulok dan tidak mulok adalah berbeda nyata (p<0,05). Pengatahuan MTG ibu siswa mulok dan tidak mulok adalah tidak berbeda nyata, demikian juga terjadi pada pengetahuan nenek siswa tidak berbeda nyata (p<0,05). perbedaab yang mencolok pada pengetahuan kandungan gizi MTG karena berkaitan dengan pendidikan contoh juga karena pembelajaran mulok ilmu gizi berbasis MTG. Keseluruhan pengatahuan MTG antara siswa, ibu dan nenek siswa berbeda dan ini menunjukkan perubahan pada tiga generasi tersebut. dapat disimpulkan bahwa semakin muda usia semakin rendah pengetahuan MTG yang dimilikinya
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60695
ISSN: 1907-7572
Appears in Collections:Faculty of Human Ecology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ART2012_IKT.pdfFull Text11.02 MBAdobe PDFThumbnail
View/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.