Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60542
Title: Strategi Bersaing Usaha Sate Bebek H. Syafe’i Cibeber, Kota Cilegon, Provinsi Banten
Authors: Farmayanti, Narni
Mayasari
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: Peningkatan jumlah penduduk Indonesia dapat menyebabkan peningkatan konsumsi masyarakat, khususnya konsumsi pangan. Gaya hidup super sibuk yang saat ini tengah berkembang, mendorong masyarakat untuk memilih makanan yang cepat saji, mudah diperoleh, mudah dikemas, dan sesuai selera. Hal ini menyebabkan kebiasaan makan di luar rumah semakin meningkat, sehingga usaha restoran/rumah makan pun semakin berkembang. Berbagai jenis usaha restoran/rumah makan juga berkembang di Kota Cilegon, Provinsi Banten. Hal tersebut mengakibatkan persaingan antar restoran/rumah makan semakin meningkat. Salah satu jenis restoran/rumah makan yang sedang menghadapi persaingan adalah usaha sate bebek H. Syafe’i Cibeber. Sate bebek merupakan salah satu makanan khas Provinsi Banten yang berasal dari Kota Cilegon, sehingga usaha restoran/rumah makan yang menawarkan sate bebek sebagai menu utamanya banyak berkembang di kota tersebut. Jumlah rumah makan sate bebek yang semakin banyak menyebabkan penurunan jumlah permintaan yang ditandai dengan penurunan jumlah produksi. Selain itu produk subtitusi yang banyak tersedia, seperti rumah makan yang menawarkan sate ayam, sate kambing, maupun jenis sate lainnya membuat persaingan semakin ketat. Hal tersebut menuntut usaha sate bebek H. Syafe’i Cibeber untuk menyiapkan strategi bersaing yang tepat agar dapat meningkatkan keunggulan bersaing dan memenangkan persaingan dalam industri rumah makan sate bebek. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis lingkungan eksternal dan internal usaha sate bebek H. Syafe’i Cibeber, (2) Menganalisis posisi bersaing usaha sate bebek H. Syafe’i Cibeber, serta (3) Merumuskan alternatif strategi dan merekomendasikan prioritas strategi bersaing yang tepat untuk diterapkan pada usaha sate bebek H. Syafe’i Cibeber. Penelitian dilaksanakan pada Usaha Sate Bebek H. Syafe’i Cibeber, Kota Cilegon, Provinsi Banten. Pengumpulan dan analisis data dilakukan pada Bulan Maret sampai Mei 2010. Penentuan responden dilakukan dengan purposive sampling dan convenience sampling. Metode pengolahan dan analisis data terdiri atas analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis kuantitatif menggunakan alat bantu analisis berupa matriks External Factor Evaluation (EFE) dan Internal Factor Evaluation (IFE), matriks profil kompetitif (Competitive Profile Matrix/CPM), matriks Internal- Eksternal (IE), matriks Strengths-Weaknesses-Opportunities-Treaths (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60542
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10may.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.5 MBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I341.98 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II357.53 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Kerangka Pemikiran.pdf
  Restricted Access
BAB III395.09 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB IV383.42 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Gambaran Umum Usaha.pdf
  Restricted Access
BAB V333.98 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI Anlisis Lingkungan Usaha.pdf
  Restricted Access
BAB VI399.02 kBAdobe PDFView/Open
BAB VII Formulasi Strategi.pdf
  Restricted Access
BAB VII426.55 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover411.81 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran831.53 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan319.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.