Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60477
Title: Analisis Hubungan Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Restoran Waroeng Taman Kota Bogor
Authors: Pambudy, Rachmat
Sumbara, Nanang
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: Perubahan gaya hidup yang semakin berkembang dan banyaknya aktivitas masyarakat perkotaan di luar rumah mempengaruhi pola konsumsi masyarakat secara umum terutama pola konsumsi makanan. Hal ini berdampak pada perkembangan kebiasaan pola makan di luar rumah, sehingga menyebabkan meningkatnya permintaan terhadap usaha yang menyajikan makanan siap santap yaitu restoran. Kota Bogor merupakan salah satu kota yang dihuni oleh komunitas yang heterogen mulai dari etnis, latar belakang budaya, mata pencaharian, dan tingkat pendapatan yang menyebabkan perbedaan gaya hidup pada masyarakatnya. Hal ini berdampak pada pemenuhan kebutuhan hidup yang beranekaragam terutama untuk kebutuhan makanan. Kota Bogor memiliki potensi yang cukup baik untuk perkembangan restoran. Jumlah restoran di Kota Bogor cenderung mengalami peningkatan pada periode 2005 – 2009. Artinya jumlah unit usaha pada industri jasa boga di Kota Bogor mengalami peningkatan setiap tahunnya sehingga meningkatkan persaingan. Pihak restoran harus menciptakan perbedaan atau diferensiasi rasa, mutu, suasana, maupun pelayanan yang ditawarkan. Hal ini bertujuan untuk menimbulkan keunikan yang dapat memberikan kepuasan kepada konsumen seperti yang diharapkan. Salah satu restoran di Kota Bogor yang menghadirkan suasana back to nature dan menu etnis berupa Indonesian food dan Chinese food adalah restoran Waroeng Taman. Lokasi Waroeng Taman berada di jalan Taman Kencana dimana jalan ini merupakan salah satu jalur utama di Kota Bogor dan merupakan jalur padatan kendaraan. Namun demikian, Waroeng Taman berdekatan dengan banyak restoran yang lain. Hal ini menyebabkan konsumen mempunyai banyak pilihan tempat kulier yang menawarkan berbagai keunggulan produknya. Untuk menghadapi persaingan, Waroeng Taman harus membangun dan memperkuat image usahanya agar tetap diakui dan dipilih konsumen yaitu salah satunya dengan cara memperhatikan kinerja berorientasikan pelanggan. Waroeng Taman berusaha untuk memenuhi pelayanan yang baik kepada para pelanggannya dengan memberikan nilai pelanggan yang tinggi. Namun dalam pelaksanaannya masih ada beberapa yang masih belum mencapai hasil yang maksimal dan sesuai dengan tujuan dan harapan. Selama kurun waktu delapan tahun berdiri jumlah pelanggan Waroeng Taman yang cenderung mengalami fluktuatif. Selain itu, jumlah porsi menu yang terjual mengalami fluktuasi penjualan cenderung menurun untuk beberapa bulan terakhir. Tujuan pada penelitian ini, adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen Waroeng Taman, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas konsumen Waroeng Taman, menganalisis hubungan kepuasan dan loyalitas kosumen Waroeng Taman, dan memberikan implikasi alternatif strategi yang dapat dilakukan oleh restoran untuk meningkatkan kinerja restoran serta kepuasan dan loyalitas konsumen. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60477
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10nsu.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.67 MBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
Fulltext462.99 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II494.89 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Kerangka Pemikiran.pdf
  Restricted Access
BAB III453.66 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB IV527.71 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Gambaran Umum Perusahaan.pdf
  Restricted Access
BAB V420.12 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB VI706.53 kBAdobe PDFView/Open
BAB VII Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB VII405.28 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover305.29 kBAdobe PDFView/Open
Daftar pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka406.45 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran796.49 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan339.46 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.