Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60466
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAtmakusuma, Juniar
dc.contributor.authorSeptiyaningsih, Mira
dc.date.accessioned2013-02-07T06:23:45Z
dc.date.available2013-02-07T06:23:45Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60466
dc.description.abstractDurian sebagai komoditas unggulan nasional memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Salah satu provinsi yang melakukan pengembangan durian adalah Provinsi Banten. Konsumen durian yang cukup banyak, tersebar di seluruh Indonesia dan dengan selera yang beragam, mengindikasikan adanya kesempatan bagi pelaku usaha di bidang pemasaran durian untuk memperoleh keuntungan yang besar. Durian Jatohan Haji Arif (DJHA) adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pemasaran durian lokal di Provinsi Banten yang berupaya memanfaatkan kesempatan tersebut. DJHA dalam menjalankan usahanya memiliki permasalahan pada sistem pengadaan produk untuk dapat memenuhi permintaan pasar yang dihadapi. Sistem pengadaan produk yang belum dikelola dengan baik menyebabkan terjadinya fluktuasi jumlah stok produk yang jika terjadi terus menerus dapat berimplikasi pada biaya pengadaan produk yang tidak efisien dan risiko kehilangan pelanggan sementara persaingan di antara pemasar durian semakin ketat. Hal ini menuntut DJHA untuk memiliki strategi pengembangan usaha yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan DJHA serta faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman yang dihadapi DJHA, (2) merekomendasikan alternatif dan prioritas strategi yang paling tepat untuk DJHA dalam mengembangkan usahanya dari hasil analisis internal dan eksternal perusahaan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada DJHA yang terletak di Jalan Raya Serang-Pandeglang KM. 14 Kecamatan Baros Kabupaten Serang Provinsi Banten. Waktu penelitian dilakukan selama bulan Januari hingga Mei 2010. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dimana responden dipilih secara sengaja. Respoden yang digunakan untuk bobot dan rating pada penelitian ini berjumlah dua orang dari lingkungan internal, yaitu manajer pemasaran dan manajer produksi, serta satu orang dari pihak eksternal yaitu Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten. Pengambilan sampel dari pihak eksternal juga dilakukan pada 30 konsumen DJHA dengan metode convenience sampling. Metode pengolahan dan analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis tiga tahap formulasi strategi. Alat bantu analisis yang digunakan untuk merumuskan strategi adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSP (QSPM). ...en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleStrategi Pengembangan Usaha Durian (Kasus Usaha Durian Jatohan Haji Arif, Kabupaten Serang, Provinsi Banten)en
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10mse1.pdf
  Restricted Access
Fulltext5.32 MBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I494.64 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II344.11 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Kerangka Pemikiran.pdf
  Restricted Access
BAB III349.18 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB IV342.81 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Gambaran Umum Perusahan.pdf
  Restricted Access
BAB V334.36 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI Analisis Lingkungan Perusahaan.pdf
  Restricted Access
BAB VI396.33 kBAdobe PDFView/Open
BAB VII Perumusan dan Pemilihab Strategi.pdf
  Restricted Access
BAB VII384.55 kBAdobe PDFView/Open
BAB VIII Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB VIII304.92 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover344.71 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka307.58 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran4.66 MBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan304.98 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.