Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60456
Title: Pengaruh Persepsi Konsumen terhadap Perilaku Pembelian Produk House Brand Beras Giant
Authors: Atmakusuma, Juniar
Silvia, Wiwi
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: Semakin meningkatnya perkembangan hypermarket menyebabkan persaingan antar hypermarket menjadi semakin ketat. Persaingan ini semakin ketat dengan hadirnya berbagai merek toko (house brand). House brand memungkinkan pedagang besar atau pedagang eceran memberi harga lebih rendah dan memungkinkan untuk memperoleh keuntungan lebih tinggi. Giant merupakan salah satu ritel modern yang menjual berbagai jenis produk mulai dari bahan pangan, makanan ringan hingga toileteries. Pengembangan berbagai jenis kategori produk house brand oleh Giant didasarkan pada permintaan konsumen dan ketersediaan pemasok untuk menjadikan produknya sebagai house brand. Pertumbuhan jumlah ritel mengakibatkan konsumen memiliki peningkatan kebebasan untuk memilih ritel yang terbaik sehingga persaingan antara ritel akan meningkat. Selain itu, produk house brand beras Giant mengalami fluktuasi penjualan beberapa bulan terakhir. Oleh karena itu, penting bagi Giant untuk menemukan cara agar perusahaan dapat mempertahankan konsumen dan bertahan dalam persaingan. Sebagai pemilik merek, Giant memiliki kepentingan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap merek yang dimilikinya. Persepsi konsumen penting diketahui oleh pemasar karena persepsi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen. Penelitian ini dilakukan di Giant, Taman Yasmin. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel atau disebut juga responden dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling, jenisnya adalah convinience sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode survei. Jumlah responden yang diwawancarai adalah 60 orang. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan metode regresi logistik. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian, dan persepsi konsumen. Metode regresi logistik digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk house brand beras Giant. Hasil analisis karakteristik responden Giant, Taman Yasmin yang paling banyak berkunjung yaitu responden berjenis kelamin perempuan, usia rata-rata 25-35 tahun, memiliki pendidikan terakhir sarjana, status pernikahan sudah menikah, jenis pekerjaan yang paling banyak adalah pegawai swasta, pendapatan rata-rata per bulan yaitu Rp 2.500.001 – Rp 5.000.000. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60456
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10wsi.pdf
  Restricted Access
Fulltext6.27 MBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I373.69 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II314.27 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Kerangka Pemikiran.pdf
  Restricted Access
BAB III341.28 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB IV355.16 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Gambaran Umum Perusahaan.pdf
  Restricted Access
BAB V343.88 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI Hasil Dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB VI388.78 kBAdobe PDFView/Open
BAB VII Kesimpulan Dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB VII305.27 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover369.98 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran5.81 MBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan305 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.