Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60400
Title: Strategi Promosi Susu Kuda Sumbawa Organik Asambugar
Authors: Aviny, Eva Yolynda
Sisilia, Atika
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: Upaya pengembangan sektor pertanian organik dapat dilakukan salah satunya melalui pengembangan sektor peternakan organik. Salah satu perusahaan di Indonesia yang menghasilkan produk peternakan organik adalah perusahaan Dr. Diana Hermawati (DH Organik). Perusahaan ini menghasilkan produk berupa susu kuda Sumbawa organik Asambugar. Produk Asambugar yang diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan ini adalah susu yang diperah dari kuda Sumbawa yang biasa dikenal sebagai “kuda liar” yaitu kuda Sumbawa bertuan yang dilepas di padang rumput Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, khususnya Kabupaten Dompu. Dr. Diana Hermawati selaku pembina Kelompok Tani Hidup Bersama di Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa, sekaligus menjalin kemitraan dengan kelompok tani tersebut. Susu kuda Sumbawa juga sangat dikenal sebagai minuman kesehatan sekaligus obat alternatif karena berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit saluran pencernaan, maag, asam urat, diabetes, lever, ginjal, tuberkulosis (TBC), anemia, radang paru-paru dan kanker. Asambugar merupakan produk susu kuda Sumbawa pertama dan masih satu-satunya di Indonesia yang telah disertifikasi organik. Manfaat sertifikasi organik diantaranya untuk melindungi produsen organik dari penipuan produk non-organik yang diaku organik, dan melindungi konsumen dari segala bentuk kecurangan serta klaim produk organik yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Keuntungan lainnya adalah memberikan jaminan bahwa semua tahapan produksi, pengolahan, penyimpanan, pengangkutan dan pemasaran mematuhi kaidah sistem produksi pangan organik. Sertifikasi juga menjadi alat promosi handal dalam meningkatkan penjualan dan pangsa pasar. Namun kenyataannya fluktuasi penjualan produk Asambugar sangat tampak terjadi sejak sertifikasi organik diberlakukan pada Januari 2009. Bahkan volume penjualan di pameran Pasar Tani Ragunan yang menjadi lokasi pemasaran andalan dan tetap sangat fluktuatif bahkan cenderung menurun pada bulan Januari – Maret 2010. Untuk meningkatkan penjualan, salah satunya adalah dengan menggiatkan promosi. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mengetahui apakah aktivitas promosi memiliki keunggulan dalam mendapatkan respon dari konsumennya, bauran promosi apa saja yang diterapkan dalam mempromosikan produk Asambugar, faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan dalam merumuskan strategi promosi produk, dan alternatif strategi promosi apa yang sesuai dilakukan oleh DH Organik dalam upaya meningkatkan penjualan dengan keterbatasan sumberdaya yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah menjawab seluruh pertanyaan tersebut. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60400
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10asi.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.31 MBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I420.51 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II339.56 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Kerangka Pemikiran.pdf
  Restricted Access
BAB III410.51 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB IV348.05 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Gambaran Umum Lokasi ...pdf
  Restricted Access
BAB V386.49 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI Evaluasi Promosi Susu Kuda ....pdf
  Restricted Access
BAB VI801.05 kBAdobe PDFView/Open
BAB VII Perumusan Dan Analisis Alternatif .....pdf
  Restricted Access
BAB VII399.03 kBAdobe PDFView/Open
BAB VIII Penutup.pdf
  Restricted Access
BAB VIII302.78 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover442.35 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka299.4 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.18 MBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan317.62 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.