Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60255
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Susetyo, Budi | |
dc.contributor.advisor | Indahwati | |
dc.contributor.author | Rizqiawan, Trizar | |
dc.date.accessioned | 2013-02-01T06:53:44Z | |
dc.date.available | 2013-02-01T06:53:44Z | |
dc.date.issued | 2009 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60255 | |
dc.description.abstract | Proses pembelajaran dan pemahaman materi di institusi pendidikan dapat diukur dengan melaksanakan ujian. Karenanya, dalam sebuah ujian diperlukan butir-butir soal yang berkualitas sehingga dapat membedakan peserta uji yang telah menguasai materi dan yang belum menguasai materi. Oalam Psikometrika ada beberapa metode yang relevan digunakan sebagai sarana untuk mengevaluasi butir soal, salah satunya dengan menggunakan teori analisis butir soal. Teori analisis butir soal dibagi menjadi dua jenis berdasarkan pengembangannya, yaitl! teori klasik dan teori modem. Salah satu pengembangan teori modern adalah teori respon bulir multidimensi (multidimensional item response theory, MIRT). Metode MIRT dapat menganalisis dan melakukan pendugaan terhadap butir-butir yang memiliki dua atau lebih karakteristik laten. Soal yang dianalisis dalam penelitian ini adalah soal UAS FISlKA TPB IPB tahun 2008/2009. Soal tersebut memiliki 35 butir soal dengan 5 pilihan jawaban dan diujikan kepada 1596 mahasiswa. Oari hasil anal isis faktor didapatkan dua faktor utama. Berdasarkan faktor loading, faktor pertama diterjemahkan sebagai pengingatan, kemampuan matematis dan ketelitian. sedangkan faktor kedua berkaitan dengan kepekaan dalam cara pendekatan terhadap soal, pemahaman konsep dan penafsiran pertanyaan ke dalam dunia fisika. Hasil MIRT menunjukkan bahwa dari 21 soal yang dikategorikan suI it, hanya 10 soal (48%) yang memiliki tingkat diskriminasi cukup baik. Sedangkan dari 14 soal berkategori mudah, terdapat 12 soal (86%) yang memiliki tingkat diskriminasi cukup baik. Secara umum ada 10 bulir soal yang memiliki kualitas kurang baik dan perlu dievaluasi lebih lanjut, yaitu soal no. 6,10,17,18,21,27,28,29,30 dan 35. | en |
dc.subject | Bogor Agricultural University (IPB) | en |
dc.title | Aplikasi Teori Respon Butir Multidimensi Untuk Data Biner. | en |
Appears in Collections: | UT - Statistics and Data Sciences |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
BAB I Pendahuluan.pdf Restricted Access | BAB I | 341.99 kB | Adobe PDF | View/Open |
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf Restricted Access | BAB II | 588.02 kB | Adobe PDF | View/Open |
BAB III Bahan dan Metode.pdf Restricted Access | BAB III | 334.39 kB | Adobe PDF | View/Open |
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted Access | BAB IV | 551.81 kB | Adobe PDF | View/Open |
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted Access | BAB V | 389.78 kB | Adobe PDF | View/Open |
Cover.pdf Restricted Access | Cover | 287.56 kB | Adobe PDF | View/Open |
Daftar Pustaka.pdf Restricted Access | Daftar Pustaka | 327.02 kB | Adobe PDF | View/Open |
G09tri1.pdf Restricted Access | full text | 1.26 MB | Adobe PDF | View/Open |
Lampiran.pdf Restricted Access | Lampiran | 474.35 kB | Adobe PDF | View/Open |
Ringkasan.pdf Restricted Access | Ringkasan | 308.31 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.