Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60215
Title: Penerapan prinsip maksimum Pontryagin pada masalah periklanan
Authors: Bakhtiar,Toni
Kusnanto,Ali
Tristiani, Octavina
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Prinsip maksimum Pontryagin.
Kontrol optimum
Issue Date: 2009
Abstract: Iklan merupakan komunikasi komersial dan promosi non-personal tentang gagasan, barang atau jasa yang dibayar oleh satu sponsor atau pihak tertentu. Untuk membuat sebuah iklan, perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan. Hal ini membuat permasalahan baru bagi perusahaan karena pada umumnya sebuah perusahaan akan berorientasi bagaimana memaksimumkan keuntungan dengan kendala-kendala yang ada. Untuk itu diperlukan suatu kebijakan perusahaan yang tepat sehingga dapat memaksimumkan keuntungan. Karya tulis ini membahas model periklanan kapital dengan dua jenis iklan yaitu iklan yang ditujukan untuk pelanggan lama dan iklan yang ditujukan untuk pelanggan baru. Iklan yang ditujukan untuk pelanggan lama bertujuan untuk mencegah pelanggan tersebut melupakan produknya dan berpindah ke merek lain, sedangkan iklan yang ditujukan untuk pelanggan baru bertujuan untuk menyediakan informasi lebih banyak tentang garis besar sebuah produk sehingga meyakinkan pelanggan baru agar mengkonsumsi produknya. Kendala yang terdapat dalam model ini adalah citra perusahaan itu sendiri, kendala tersebut bisa dikontrol dengan besarnya biaya pembuatan iklan untuk pelanggan baru maupun besarnya biaya pembuatan iklan untuk pelanggan lama. Permasalahan yang ditampilkan akan diformulasikan dalam bentuk kontrol optimum dengan menerapkan prinsip maksimum Pontryagin. Selanjutnya akan dianalisis juga kestabilan dari titik tetap. Jika biaya yang dialokasikan dalam membuat periklanan yang ditujukan untuk pelanggan lama sama dengan nol, maka citra perusahaan akan rendah sehingga imbal hasil yang diperoleh tidak dapat menutupi biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam membuat iklan. Oleh karena itu untuk memperoleh keuntungan maksimum ketika citra perusahaan rendah, hanya iklan yang ditujukan untuk pelanggan baru saja yang akan dibuat. Sedangkan jika biaya yang dialokasikan dalam membuat periklanan yang ditujukan untuk pelanggan lama bernilai positif maka citra perusahaan akan tinggi, sehingga baik iklan yang ditujukan untuk pelanggan lama maupun pelanggan baru dapat dibuat
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60215
Appears in Collections:UT - Mathematics

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Abstract.pdf
  Restricted Access
Abstract285.56 kBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I284.15 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Landasan Teori.pdf
  Restricted Access
BAB II540.18 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Model Umum Periklanan.pdf
  Restricted Access
BAB III334.93 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Solusi dan Analisis Model.pdf
  Restricted Access
BAB IV465.12 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Simpulan.pdf
  Restricted Access
BAB V308.44 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover285.56 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka285.38 kBAdobe PDFView/Open
G09otr.pdf
  Restricted Access
full text897.1 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran423.76 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.