Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60201
Title: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Produk Handphone Merek Nokia pada Mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor (IPB)
Authors: Munandar, Jono M.
Majid, Abdul
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2010
Abstract: Teknologi telekomunikasi merupakan pasar yang sedang berkembang pesat. Nokia yang menjadi market leader pada industri ini harus berjuang mempertahankan marketshare karena ketatnya persaingan. Walaupun angka penjualan Nokia terus mengalami kenaikan, namun angka marketshare pada tahun 2009 justru mengalami penurunan. Untuk terus mempertahankan marketshare, Nokia harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian Nokia serta sikap konsumen terhadap atribut tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi dan menganalisa karakteristik responden yang menjadi konsumen HP Nokia, (2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk HP merek Nokia, dan (3) menganalisa sikap konsumen terhadap atribut yang dimiliki oleh HP merek Nokia. Penelitian ini dilaksanakan terhadap konsumen Nokia mahasiswa strata 1 Institut Pertanian Bogor (IPB). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner. Data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, internet, skripsi, dan literatur yang dikeluarkan oleh lembaga terkait serta bahan pustaka atau laporan lainnya yang merupakan hasil penelitian terdahulu. Berdasarkan analisis deskriptif, mayoritas pengguna ponsel Nokia adalah mahasiswa laki-laki berusia antara 21-24 tahun, bertempat tinggal di rumah sewa (kost), mempunyai klasifikasi pekerjaan sebagai unemployee (tidak bekerja), dengan pengeluaran per bulan antara Rp 500.000–Rp. 1.000.000, menghabiskan kurang dari Rp 100.000 per bulan untuk pulsa, menggunakan ponsel Nokia seri N73, mendapatkan informasi tentang Nokia dari iklan di televisi, tertarik menggunakan Nokia karena mutunya bagus dan paling sering menggunakan fitur komunikasi suara dan layanan pesan singkat (SMS). Berdasarkan metode perbandingan eksponensial, ada 10 faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli ponsel Nokia, yaitu garansi yang diberikan, harga beli, fitur yang ditawarkan, model yang dipasarkan, teknologi yang ditawarkan, kemudahan dalam penggunaan, lokasi customer service, lokasi outlet penjualan resmi, mutu sinyal, dan keragaman fitur/fasilitas. Berdasakan analisis multiatribut Fishbein, atribut ponsel yang dianggap paling penting adalah mutu sinyal. Atribut yang dianggap paling tidak penting adalah lokasi outlet penjualan resmi. Berdasarkan perhitungan tingkat kepercayaan terhadap atribut ponsel, Nokia merupakan merek yang paling dipercaya sesuai dengan harapan responden pada 9 atribut dengan skor tertinggi yaitu garansi yang diberikan, fitur yang ditawarkan, model yang dipasarkan, teknologi yang ditawarkan, kemudahan dalam penggunaan, lokasi customer service, lokasi outlet penjualan resmi, mutu sinyal, dan keragaman fitur/fasilitas. Harga beli Nokia merupakan atribut yang tidak dipercaya dapat dijangkau oleh responden. Nexian adalah merek ponsel dengan harga beli yang paling terjangkau. Pada analisis sikap, Nokia merupakan ponsel yang dinilai paling baik daripada 7 merek lain karena memiliki skor paling tinggi dan berada pada kategori sangat baik.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60201
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10ama3.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.13 MBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I544.97 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II472.52 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III461.17 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV983.99 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V400.36 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover367.84 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka401.73 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.09 MBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan358.23 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.