Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58757
Title: | Problematika mahasiswa IPB dalam menulis skripsi: Ditinjau dari sudut pandang kebahasaan |
Authors: | Defina Krishnawati, Henny Wahyuni, Endang Sri Krishandini Ansori, Mukhlas |
Keywords: | Skripsi tata bahasan baku bahasa indonesia penerapan kendala penekanan materi |
Issue Date: | 2011 |
Publisher: | Bogor Agriculture University (IPB) |
Abstract: | Mahasiswa memiliki kemampuan menulis gagsan dalam bahasa Indonesia, tetapi banyak yang menulis tidak sesuai dengan aturan. untuk itu,ada empat tujuan penelitian, yaitu: 1) mendeskripsikan penerapan teori bahasa baku bahasa Indonesia dalam proses penulisan skripsi mahasiswa; 2) menganalisis kesalahan materi yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa; 3) menganalisis penyebab terjadinya kesalahan penerapan bahasa tulis; 4) menganalisis materi yang perlu mendapat penekanan dalam mata kuliah Bahasa Indonesia. Secara umum mahasiswa IPB menyatakan bahwa mereka tidak mengalami kesulitan dalam pemakaian tata bahasa baku bahasa Indonesia saat menyusun skripsi, tetapi dilihat per materi, ternyata berbeda-beda. Kesalahan paling banyak adalah penyusunan kalimat, paragraf dan pengutipan. Penyebab terjadinya kesalahan itu ada lima, yaitu 1) tidak menggunakan buku-buku pedoman dalam penulisan karya ilmiah; 2) kurang membaca dan memiliki literatur, 3) kurang latihan 4) lebih banyak berbicara; 5) faktor kelelahan. materi yang perlu penekanan dan pendalaman berdasarkan hasil wawancara dengan responden berbeda-beda. kesimpulan adalah mahasiswa mengalami kendala yangberbeda-beda dari segi bahasa. |
URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58757 |
Appears in Collections: | Common First Year Program |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover_ prosiding seminar hasil2 penelitian IPB 2011_defina - 1.pdf | Cover | 88.81 kB | Adobe PDF | View/Open |
prosiding seminar hasil2 penelitian IPB 2011_defina - 1.pdf | Full Text | 1.3 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.