Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58470
Title: Chlorophyll-A Variability Along Southern Coast Of Sumatera And West Java During Positive Phase Of Indian Ocean Dipole Mode (IODM)
Variabilitas Klorofil-A Di Perairan Barat Sumatera Dan Selatan Jawa Barat Fase Indian Ocean Dipole Mode (IODM) Positif1
Other Titles: Jurnal Kelautan Nasional
Authors: Amri, Khairul
Manurung, Djisman
Gaol, Jonson L.
Baskoro, Mulyono S.
Keywords: Indian Ocean Dipole Mode
Upwelling
Klorofil-a
perairan barat Sumatera
Issue Date: Apr-2012
Publisher: Pusat Pengkajian dan Perekayasaan Tek Kelautan dan Perikanan-Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan-Kementrian Kelautan dan Perikanan
Series/Report no.: vol.7;No.1
Abstract: Indian Ocean Dipole Mode (IOD/IODM) adalah gejala penyimpanan iklim akibat interaksi laut dan atmosfer. IODM berupa struktur dua kutub massa air dengan suhu permukaan laut yang menyimpang dari normalnya. Fenomena IODM mempengaruhi sejumlah parameter oseanografi regional. Pada saat berlangsungnya fase IODM positif, selama musim timur (Juni-Oktober), tiupan angin muson tenggara dari Australia memicu terjadina upwelling, membawa massa air lebih dingin dan meningkatkan nutrien ke lapisan permukaan sepanjang pantai selatan jawa dan Sumatera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabilitas klorofil-a di perairan barat Sumatera dan selatan Jawa Barat (Samudera Hindia bagian timur) pada fase IODM positif. Motode Penelitian, dilakukan dengan menganalisis nilai sebaran SPL hasil pengukuran sensor thermal satelit Advanced Very High Resolutin Radiometer-National Oceanic and Atmospheric Administration (AVHRR-NOAA) untuk mendeteksi massa air upwelling. Analisis spasial dan temporal variabilitis klorofil-a sepanjang pantai selatan Jawa Barat dan barat Sumatera dari September 1997-Desember 2009 dilakukan menggunakan data dari sensor Sea-viewing Wide-field of view sensor (SeaWiFS) satelit SeaStar. Hasil penelitian menunjukkan, konsentrasi klorofil-a tinggi berkaitan dengan pengaruh musim timur yang membangkitkan upwelling. Selama puncak anomali tiupan angin muson tenggara pada fase IODM positif kuat (1997 dan 2006) terjadi upwelling yang sangat intensif. Pada fase ini konsentrasi klorofil-a sangat tinggi, tersebar luas sepanjang pantai barat Sumatera.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58470
ISSN: 1907-767x
Appears in Collections:Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Abstrak, Variabilitas klorofil-A_.pdf772.2 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.