Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58125
Title: Analisis Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Minyak Goreng Kemasan Merek Bimoli (Studi Kasus : Rumah Tangga di Kota Bogor)
Authors: Munandar, Jono M.
Dwinada, Frizky
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2012
Abstract: Minyak sawit dapat diolah menjadi berbagai produk pangan. Industri minyak goreng adalah industri yang paling banyak menyerap bahan baku minyak sawit. Industri minyak goreng sawit dalam negeri terbagi menjadi dua, yaitu minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan bermerek. Bimoli merupakan produk minyak goreng sawit kemasan bermerek yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bimoli merupakan pioner dan market leader untuk minyak goreng kemasan bermerek hingga tahun 2012 ini. Para pesaing-pesaingnya terus berusaha untuk merebut pangsa pasar Bimoli dengan keunggulan-keunggulan yang mereka tawarkan. Untuk tetap memimpin pasar, Bimoli harus terus menjaga kualitas dan memiliki pengetahuan terkait perilaku konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi karakteristik konsumen minyak goreng Bimoli, 2) mengidentifikasi proses pengambilan keputusan konsumen minyak goreng Bimoli, dan 3) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian minyak goreng Bimoli. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik quota sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengolahan data dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, serta analisis faktor. Pengolahan data dibantu dengan Microsoft Excel 2007 dan Statistical Package For Social Science (SPSS) versi 16. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa mayoritas konsumen Bimoli adalah ibu rumah tangga dengan kelompok usia berkisar antara 31-40 tahun (41%), dan mayoritas menikah (95%). Sebagian besar konsumen memiliki pendidikan terakhir SMU/SMK (63%), klasifikasi pekerjaan konsumen sebagai unemployee (57%), dan status pekerjaan sebagai ibu rumah tangga (53%), mayoritas konsumen berprofesi sebagai ibu rumah tangga (55%), pendapatan per bulan sebesar Rp 2.000.001 sampai Rp. 5.000.000 (55%), pengeluaran per bulan sebesar Rp 2.000.001 sampai Rp. 5.000.000 (66%). Proses pengambilan keputusan pembelian konsumen Bimoli melalui lima tahapan proses, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Berdasarkan hasil dari analisis faktor didapatkan hasil bahwa terbentuk 6 faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian minyak goreng Bimoli. Keenam faktor tersebut adalah psycho sosiologis, psycho demografis, kepercayaan pribadi, sosial ekonomi, pengaruh lingkungan, dan nilai. Faktor yang paling utama dalam mempengaruhi pembelian Bimoli adalah faktor psycho sosiologis dengan nilai eigenvalue yang terbesar dari semua faktor yang ada yaitu 6,029, sedangkan faktor psycho demografis sebesar 1,625, kepercayaan pribadi sebesar 1,547, sosial ekonomi sebesar 1,226, pengaruh lingkungan sebesar 1,190, dan nilai sebesar 1,079. Konsumen membeli bimoli karena dipengaruhi oleh pengaruh sosial dan keyakinan pribadi sejak dahulu terhadap Bimoli akan kualitas dan manfaatnya.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58125
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I382.7 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II564.43 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III485.58 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV649.62 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V355.56 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover295.45 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka355.33 kBAdobe PDFView/Open
H12fdw1.pdf
  Restricted Access
full text1.61 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran734.07 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan357.62 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.