Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58114
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSukmawati, Anggraini
dc.contributor.authorApridella, Dwi Sari
dc.date.accessioned2012-10-29T02:51:30Z
dc.date.available2012-10-29T02:51:30Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58114
dc.description.abstractDalam menghadapi perubahan dan perkembangan pengetahuan, perkembangan teknologi yang pesat, serta transformasi nilai-nilai budaya menuntut setiap organisasi termasuk IPB untuk menentukan strategi yang tepat agar mampu bersaing dan bertahan. Salah satu strategi yang dapat dimanfaatkan IPB yaitu dengan memiliki SDM berupa tenaga kependidikan yang berkualitas dan berpengetahuan serta mengurangi kesenjangan pengetahuan yang ada dalam institusi dengan memanfaatkan suatu cara yang sering disebut manajemen pengetahuan. Adanya penerapan manajemen pengetahuan diharapkan perbedaan kemampuan, pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki pegawai dapat dijadikan suatu aset bagi institusi. Oleh karena itu, IPB harus memahami faktor-faktor yang menjadi kunci kesuksesan penerapan manajemen pengetahuan. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi penerapan faktorfaktor manajemen pengetahuan pada Institut Pertanian Bogor, menganalisis perbedaan antara tingkat kepentingan yang diharapkan dan kinerja aktual dari tiap-tiap faktor kunci kesuksesan penerapan manajemen pengetahuan pada Institut Pertanian Bogor dan menganalisis faktor-faktor yang menjadi kunci kesuksesan penerapan manajemen pengetahuan di Institut Pertanian Bogor. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak terkait dan melalui penyebaran kuesioner kepada tenaga kependidikan IPB. Data sekunder diperoleh melalui arsip data institusi, studi pustaka, literatur dan internet sebagai referensi pendukung dalam penyusunan penelitian ini. Kuesioner menggunakan skala likert dan disebar kepada 95 responden dengan metode proportionate cluster sampling. Alat analisis yang digunakan adalah uji perbedaan rata-rata (one sample t test) dan analisis faktor. Skala yang digunakan pada kuesioner adalah skala likert. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan manajemen pengetahuan di IPB secara umum telah diterapkan dengan baik, dengan rataan nilai tertinggi yaitu pada indikator perhatian sebesar 3,8772 yang berarti penerapannya telah baik dan rataan terendah pada indikator otonomi sebesar 3,33843 yang berarti penerapannya masih berada dalam kategori cukup baik. Hasil dari uji perbedaan rata-rata adalah terjadi perbedaan yang siginifikan antara tingkat kepentingan yang diharapkan dengan tingkat kinerja aktual berdasarkan faktor-faktor kunci kesuksesan penerapan manajemen pengetahuan. Kesenjangan terbesar yang terjadi yaitu pada indikator pengukuran kinerja dengan nilai gap sebesar 0,5185. Selanjutnya, hasil dari analisis faktor, terbentuk dua faktor baru yang dinamakan faktor lingkungan organisasi yang terdiri dari pengungkitan kompetensi, kepemimpinan dalam institusi, sistem informasi, pengukuran kinerja, budaya pengetahuan, benchmarking (pembandingan), struktur pengetahuan, kepercayaan, penghapusan batasan organisasi. Sedangkan faktor kedua dinamakan faktor sosial (orang) yang terdiri dari indikator perhatian, penilaian, pemberdayaan pegawai, dan otonomi pegawai. Total varians dari kedua faktor berjumlah 72,489 persen yang artinya informasi yang dapat digali dari dua faktor yang terbentuk adalah sebesar 72,489 persen.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor Kunci Kesuksesan Penerapan Manajemen Pengetahuan Untuk Tenaga Kependidikan Pada Institut Pertanian Bogoren
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I345.29 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II384.52 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III385.02 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV559.54 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V336.37 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover302.67 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka331.33 kBAdobe PDFView/Open
H12dsa1.pdf
  Restricted Access
full text1.16 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran712.35 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan278.51 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.