Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58108
Title: Respon Pengemudi Jasa Transportasi Angkutan Umum Kota (Angkot) Kota Bogor Terhadap Kenaikan Harga BBM Jenis Premium
Authors: Firdaus, Muhammad
Nisa, Chairun
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2012
Abstract: Harga BBM di Indonesia dipengaruhi oleh fluktuasi harga minyak dunia, yang mengakibatkan pemerintah menggunakan asumsi harga minyak dunia dalam menentukan harga BBM serta penentuan dalam menyusun APBN. Pemerintah menyepakati harga minyak mentah yang diasumsikan sebesar US$ 90 per barel sedangkan selama Februari rata-rata harga minyak mentah sudah mencapai US$ 122,17 per barel. Hal ini juga diikuti dengan peningkatan konsumsi solar dan premium dari 35,8 juta kilo liter pada tahun 2010 menjadi 38.5 juta kilo liter pada tahun 2011 (Ditjen Migas, 2011). BBM menjadi faktor produksi utama dalam semua aktivitas usaha yang dilakukan oleh manusia begitupun dalam bidang jasa transportasi angkutan umum kota (angkot). Tujuan penelitian ini adalah menghitung besarnya Willingness To Pay (WTP) angkutan umum kota (angkot) terhadap kenaikan harga BBM jenis premium, menganalisis bagaimana respon setuju atau tidak terhadap kenaikan harga BBM dan faktor-faktor yang memengaruhi respon setuju atau tidak terhadap kenaikan harga BBM jenis premium. Penelitian ini dilakukan di Kota Bogor pada bulan Maret sampai Mei 2012. Responden penelitian ini adalah pengemudi angkutan umum kota (angkot) sebanyak 60 responden, yang diambil secara convenience sampling (accidental sampling). Pemilihan teknik ini dikarenakan tidak semua anggota populasi memiliki peluang yang sama bagi anggota populasi yang telah diberi nomor urut (Juanda, 2009). Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logit, crosstabs dan perhitungan nilai tengah. Berdasarkan perhitungan WTP, responden hanya mampu membayar kenaikan sampai dengan Rp 4.893,33. Analisis respon dan faktor-faktor yang memengaruhi kenaikan harga BBM dilakukan dengan model Logit diperoleh hasil jumlah tanggungan dan lama berkendara merupakan faktor yang memengaruhi respon setuju atau tidak setuju terhadap kenaikan harga BBM. Hasil Crosstabs diperoleh hasil faktor-faktor yanga memengaruhi kenaikan harga BBM adalah lama waktu berkendara perhari. Adanya perbedaan hasil dikarenakan, pada pengujian setiap variabel (uji crosstabs) untuk menggambarkan jumlah data dan hubungan antarvariabel (nominal-ordinal). Sedangkan pada uji seluruh variabel (uji logit) model regresi non-linear yang menghasilkan sebuah persamaan menghasilkan variabel terikat bersifat kategorikal paling dasar dari model tersebut menghasilkan binary value seperti angka 0 dan 1. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi kebijakan yang dapat dipertimbangkan oleh pemerintah, yaitu: besarnya nilai rata-rata WTP responden yang dapat dijadikan acuan dalam penetapan harga kenaikan BBM sebesar Rp 4.893,33 sehingga kenaikan harga BBM tidak lebih dari WTP masyarakat khususnya pengemudi angkutan umum kota.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58108
Appears in Collections:UT - Economics and Development Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I306.47 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka dan Kerangka Pemikiran.pdf
  Restricted Access
BAB II330.44 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III399.7 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV546.31 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V280.8 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover306.07 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka284.96 kBAdobe PDFView/Open
H12cni.pdf
  Restricted Access
full text935.1 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran407.56 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan284.85 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.