Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58074
Title: Formulasi Strategi Pengembangan Wisata Kebun Raya Bogor melalui Pendekatan Blue Ocean Strategy
Authors: Dewi, Febriantina
Pasolang, Ambrose Deppa Rungngu
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2012
Abstract: Jumlah objek wisata di Kabupaten dan Kota Bogor mengalami pertumbuhan. Hal ini ditandai dengan munculnya objek-objek wisata baru di antara objek wisata yang sudah ada. Pertumbuhan industri objek wisata menimbulkan persaingan untuk mendatangkan pengunjung. Kebun Raya Bogor (KRB) telah lama menjadi icon wisata di Bogor. Ratusan ribu wisatawan mengunjungi KRB. Sayangnya, jumlah pengunjung ini mayoritas datang hanya untuk berekreasi, sedangkan fungsi utama kebun raya adalah untuk konservasi, penelitian, dan pendidikan. Pengunjung-pengunjung ini kurang memperhatikan keadaan lingkungan. Banyaknya jenis pengunjung ini diduga menjadi penyebab dari mulai memadatnya tanah di sekitar tanaman koleksi. Dampak jangka panjang dari pemadatan tanah adalah menurunnya pertumbuhan hingga rusaknya tanaman koleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah memetakan kondisi industri objek wisata dan posisi Kebun Raya Bogor dalam persaingan industri objek wisata di Kabupaten dan Kota Bogor, merumuskan pasar pengunjung baru yang belum digarap oleh objek wisata lain dan sejalan dengan visi misi KRB, dan meningkatkan jumlah pengunjung KRB yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Blue Ocean Strategy, yang relatif masih baru dan belum banyak digunakan dalam industri objek wisata. Pemetaan kondisi persaingan industri dilakukan dengan mengidentifikasi faktor-faktor yang signifikan menarik bagi pengunjung. Faktor-faktor ini diperoleh dari hasil kuesioner yang disebar ke beberapa objek wisata di Kabupaten dan Kota Bogor. Faktor-faktor yang terpilih dijadikan dasar penilaian persaingan dalam kanvas strategi industri objek wisata di Kabupaten dan Kota Bogor. Pembentukan blue ocean dilakukan dengan mengidentifikasi segmentasi pengunjung dan Kerangka Kerja Enam Jalan. Penyusunan strategi dilakukan menggunakan Kerangka Kerja Empat Langkah berdasarkan kanvas strategi. Faktor-faktor persaingan dalam industri objek wisata di Bogor yaitu Toilet, Mushola, Peta lokasi, Aktivitas/kegiatan yang menghibur (entertainment), Aktivitas/kegiatan menambah pengetahuan (educational), Aktivitas/kegiatan untuk individu/pasangan/keluarga, Pelayanan petugas, Keamanan, dan Kebersihan. Dalam pemetaan persaingan, tampak bahwa industri objek wisata di Bogor berada dalam red ocean dan KRB menunjukkan low performance. Kerangka Kerja Enam Jalan yang teridentifikasi adalah mencermati industri alternatif, rantai pembeli, penawaran produk dan jasa pelengkap, daya tarik emosional-fungsional, dan waktu. Kerangka Kerja Empat Langkah yang dilakukan adalah mengurangi persaingan pada faktor Aktivitas untuk individu/ pasangan/keluarga, meningkatkan kinerja pada faktor Toilet, Mushola, Peta Lokasi, Aktivitas yang menghibur (entertainment), Aktivitas yang menambah pengetahuan (educational), Pelayanan Petugas, Keamanan dan Kebersihan, dan menciptakan faktor Event dan Komunitas.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58074
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I383.78 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II482.57 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Kerangka Pemikiran.pdf
  Restricted Access
BAB III522.3 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB IV553.93 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Gambaran Umum Kebun Raya Bogor.pdf
  Restricted Access
BAB V443.6 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI Formulasi Strategi Pengembangan ....pdf
  Restricted Access
BAB VI558.33 kBAdobe PDFView/Open
BAB VII Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB VII426.14 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover290.52 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka509.88 kBAdobe PDFView/Open
H12adp1.pdf
  Restricted Access
full text1.31 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran703.17 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan356.39 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.