Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/57330
Title: Formulasi Strategi Pengembangan Usaha Milkfood Barokah, Bogor
Authors: Hubeis,Musa
Hakim, Erwin
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2012
Abstract: Milkfood Barokah berdiri sejak Januari 2011 dengan memulai usaha di bidang kuliner, yaitu usaha pengolahan susu sapi murni (susu pasteurisasi). Pada perkembangannya, Milkfood Barokah menyediakan susu kambing Etawa dan susu kuda Sumbawa. Milkfood Barokah tidak terlepas dari berbagai macam kendala dalam menjalankan usahanya. Faktor internal dan eksternal Milkfood Barokah merupakan suatu hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan usaha. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, Milkfood Barokah memerlukan suatu perencanaan strategi untuk menjamin dan menjaga kestabilan usaha, serta perkembangan Milkfood Barokah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Alat bantu analisis adalah Matriks Faktor Internal (IFE) dan Matriks Faktor Eksternal (EFE), Matriks Internal-Eksternal (IE), Matriks Strengths, Weaknesess, Opportunities and Threats (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Dari analisis lingkungan internal perusahaan didapatkan bahwa faktor-faktor yang menjadi kekuatan di Milkfood Barokah adalah susu segar bermutu, lokasi usaha strategik, harga jual produk terjangkau dan pelayanan optimal kepada konsumen. Faktor internal yang menjadi kelemahan bagi Milkfood Barokah adalah visi dan misi belum jelas, keterbatasan modal usaha, sifat produk mudah rusak, produksi belum optimal dan kurangnya promosi. Faktor eksternal yang dapat dijadikan peluang adalah pertumbuhan perekonomian Indonesia, permintaan susu meningkat, ketersediaan bahan baku bermutu, perkembangan teknologi produksi modern dan potensi pasar luas. Sedangkan faktor eksternal yang dapat menjadi ancaman adalah kenaikan tarif dasar listrik (TDL) dan bahan bakar minyak (BBM), tingkat persaingan semakin tinggi, banyak produk substitusi yang beredar dan pertumbuhan industri pengolahan susu murni. Melakukan diversifikasi produk dalam menghadapi pesaing baru dan produk substitusi merupakan alernatif strategi utama yang dapat dilakukan oleh Milkfood Barokah, karena terkait dengan semakin tingginya tingkat persaingan. Agar posisi Milkfood Barokah tetap terjaga, maka perlu dilakukan analisa terhadap kondisi internal dan eksternal lingkungan secara berkala, dengan selalu mengikuti perkembangan dan pencarian informasi mengenai pengolahan susu murni melalui penelitian dan pengembangan yang dilakukan secara internal, maupun pihak luar yang bekerjasama dengan Milkfood Barokah.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/57330
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I338.99 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II473.83 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III374.54 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV414.19 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V330.75 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover284.02 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka367.58 kBAdobe PDFView/Open
H12eha.pdf
  Restricted Access
full text1 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran542.27 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan281.25 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.