Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/57087
Title: Analisis Efektivitas Social Media dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Keripik Maicih pada Mahasiswa Strata 1 Institut Pertanian Bogor
Authors: Sarma,Ma’mun
Yuniarizki, Anggita
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2012
Abstract: Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, saat ini penggunaan internet sudah tidak asing lagi dalam memasarkan suatu produk. Suatu usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan media internet dapat disebut juga e-marketing. Dengan strategi komunikasi pemasaran menggunakan internet, khususnya dengan menggunakan social media produk dapat lebih dijual secara luas dan tidak memerlukan biaya pemasaran yang mahal. Social media yang saat ini biasa digunakan untuk memasarkan produk antara lain Facebook, Twitter dan Kaskus. Dengan melalui jejaring sosial tersebut akan terbentuk strategi komunikasi pemasaran yang efektif yaitu Word of Mouth Marketing. Produk camilan yang saat ini sedang populer dipasarkan melalui jejaring sosial adalah Maicih. Maicih menggunakan sosial media sebagai alat utama pemasarannya. Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis efektifitas social media produk Maicih dalam mengkomunikasikan informasinya kepada konsumen (2) Menganalisis faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk Maicih. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari dari hasil pembagian kuisioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur dari berbagai sumber seperti buku, internet, majalah dan skripsi-skripsi terdahulu. Analisis data yang digunakan adalah Consumer Decision Model (CDM) dan Canonical Correlation dengan bantuan software Minitab 14, SPSS 16.0 dan Statistical Analysis System (SAS). Berdasarkan hasil analisis regresi linier pada model CDM, pada informasi yang ingin disampaikan oleh produsen keripik Maicih melalui social media memiliki pengaruh terhadap variabel-variabel yang diukur pada Consumer Decision Model. Informasi di social media mengenai keripik Maicih tersebut mampu mengkomunikasikan informasi yang ingin disampaikan oleh produsen kepada konsumen secara efektif. Oleh karena itu, informasi tentang keripik Maicih di social media efektif sampai memengaruhi pembelian nyata yang dilakukan oleh konsumen keripik Maicih. Hal ini dikarenakan setiap variabel yang ada pada Consumer Decision Model memiliki pengaruh dari variabel informasi di social media (F) sampai variabel pembelian nyata (P), namun variabel informasi social media (F) secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen (C) melalui pengenalan merek (B). Berdasarakan analisis bobot kanonik dan loading kanonik dengan menggunakan analisis korelasi kanonikal, faktor-faktor yang memiliki pengaruh terhadap pembelian nyata adalah faktor merek, faktor manfaat, faktor pengetahuan atribut, faktor kepercayaan, faktor kepribadian dan faktor gaya hidup.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/57087
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I415.5 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II478.17 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III482.88 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV753.48 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V305.12 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover287.59 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka308.09 kBAdobe PDFView/Open
H12ayu.pdf
  Restricted Access
full text1.72 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran836.69 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan282.04 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.