Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56497
Title: Analisa pertumbuhan dan Variasi Somaklonal beberapa Aksesi Nenas Lokal Bangka Hasil Perbanyakan In Vitro di 4 Lahan Kritis Bangka
Other Titles: Prosiding Seminar Nasional Perhimpunan Hortikultura Indonesia 2011 "Kemandirian Produk Hortikultura Untuk Memenuhi Pasar Domestik dan Ekspor"
Authors: Lestari, Tri
Mustikarin, Eries Dyah
Widyastuti, Utut
Suharsono
Keywords: Nenas
Bangka
In-vitro
Tailing
Humic
Clay
PMK
Issue Date: 2011
Publisher: Perhimpunan Holtikultura Indonesia
Abstract: Di Bangka ditemukan 3 jenis lahan pasca penambangan timah yaitu Tailing, Clay, Humic. Saat ini belum diketahui kemampuan adaptasi untuk nenas hasil perbanyakan in-vitro yang di tanam di lahan pasca penambangan timah dan PMK. Penelitian ini dilaksanakan di lahan pasca penambangan timah TS. 133 Sungailiat-Bangka dan PMK Desa Balunijuk Kec. Merawang Kab. Bangka. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Split splot RAL dengan petak utama jenis lahan (Clay, Tailing, Humic, dan PMK) dan anak petak aksesi nenas (Bukur, Peranak, Serdang) 2 ulangan berdasarkan jenis tanam dan 8 unit percobaan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2010-April 2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lahan berpengaruh terhadap parameter yang diamati. Aksesi Peranak lebih baik pada lahan Tailing Pasir untuk karakter tinggi tanaman dan jumlah daun pada lahan Humic aksesi nenas Peranak lebih baik pada karakter tinggi tanaman, panjang daun dan jumlah dauh sedangkan aksesi Bukur memilki tertinggi untuk karakter tinggi tanaman, panjang daun, dan lebar daun pada lahan Clay. Nenas serdang optimal pertumbuhannya pada lahan PMK. Aksesi nenas yang tidak mampu beradaptasi pada lahan pasca penambangan timah menunjukkan adanya perubahan warna daun dan jumlah duri.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56497
ISBN: 978-979-25-1264-9
Appears in Collections:Proceedings

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
prosiding 1.pdfprosiding65.42 MBAdobe PDFThumbnail
View/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.