Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56293
Title: Analisis Strategi Pemasaran Surat Kabar Jurnal Bogor
Authors: Sarma,Ma’mun
Asfar, Raja
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2012
Abstract: Pada masa globalisasi sekarang ini, perkembangan informasi merupakan suatu hal yang sangat penting dan seakan sudah menjadi kebutuhan setiap harinya. Masyarakat semakin kritis dalam memilih berita sebagai wujud pemenuhan kebutuhan informasi mereka. Media massa sebagai pelopor informasi berperan penting dalam menghasilkan berbagai macam berita, baik lokal, nasional maupun internasional, sesuai dengan segmentasi pasar konsumen. Surat kabar Jurnal Bogor menghadirkan informasi terdepan yang mencakup wilayah Bogor, Depok, Sukabumi dan Cianjur. Dengan konsep pendalaman berita, surat kabar Jurnal Bogor senantiasa terus berusaha untuk memberikan informasi yang akurat, lengkap dan up to date. Dengan semakin banyaknya surat kabar lokal baru yang bermunculan di Bogor, penulis ingin meneliti bagaimana PT. Suwardana Media Cita selaku penerbit surat kabar Jurnal Bogor, dapat bertahan, bersaing dan berkembang dengan mengandalkan kekuatan dan meminimalkan kelemahan internal perusahaan, serta memanfaatkan peluang dan menetralisir ancaman yang muncul untuk mendapatkan strategi terbaik bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal pada PT. Suwardana Media Cita, (2) Merumuskan alternatif strategi pemasaran pada PT. Suwardana Media Cita, dan (3) Menetapkan strategi pemasaran terpilih yang direkomendasikan bagi PT. Suwardana Media Cita. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung dan pengisian kuesioner dengan pihak terkait di PT. Suwardana Media Cita, serta data sekunder yang diperoleh melalui berbagai sumber yang berkaitan dengan topik penelitian seperti studi pustaka, jurnal, internet dan data yang dimiliki perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunities and Threat) dan AHP (Analytical Hierarchy Process). Tahapan awal dalam merumuskan strategi pemasaran ini diperoleh dengan menganalisis lingkungan pemasarannya, yang terdiri dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Analisis pada lingkungan internal terbagi menjadi segmentation, targeting and positioning serta marketing mix, sedangkan analisis lingkungan eksternal terbagi atas lingkungan jauh dan lingkungan industri. Selanjutnya hasil analisis dari setiap elemen pada lingkungan internal dimasukkan ke dalam matriks IFE (Internal Factor Evaluation), begitu juga dengan hasil analisis lingkungan eksternal yang dimasukkan ke dalam matriks EFE (External Factor Evaluation).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56293
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I. PENDAHULUAN.pdf
  Restricted Access
BAB I363.58 kBAdobe PDFView/Open
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA.pdf
  Restricted Access
BAB II716.28 kBAdobe PDFView/Open
BAB III. METODE PENELITIAN.pdf
  Restricted Access
BAB III365.48 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV. HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
  Restricted Access
BAB IV623.63 kBAdobe PDFView/Open
cover.pdf
  Restricted Access
Cover284.76 kBAdobe PDFView/Open
DAFTAR PUSTAKA.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka429.77 kBAdobe PDFView/Open
H12ras1.pdf
  Restricted Access
full text1.74 MBAdobe PDFView/Open
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
  Restricted Access
kesimpulan360.89 kBAdobe PDFView/Open
LAMPIRAN.pdf
  Restricted Access
Lampiran715.39 kBAdobe PDFView/Open
ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan364.21 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.