Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56221
Title: Strategi Pemasaran Konveksi XYZ di Kawasan Kampus IPB Darmaga Bogor
Authors: Hubeis,Musa
Agustinaningrum, Siti Rina
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2012
Abstract: Bisnis konveksi yang bergerak dalam pembuatan seragam saat ini berada pada tahap pertumbuhan. Salah satu penyebab berkembangnya bisnis ini dikarenakan beberapa faktor, salah satunya peningkatan pemakaian corporate identity sebagai simbol dari sebuah organisasi tertentu. Jika dilihat dari potensi pasarnya di wilayah lingkar kampus IPB merupakan wilayah cocok bagi perkembangan bisnis, karena jumlah mahasiswa yang banyak, daya beli relatif tinggi dan selain itu wilayah lingkar kampus merupakan wilayah pendidikan yang mempunyai kebutuhan sangat tinggi. Agar perusahaan tetap mampu bersaing dengan perusahaan lain yang mengeluarkan produk sejenis dan produk subsitusi, maka manajemen perusahaan harus mampu mengelola perusahaannya dengan baik dan pemasaran yang baik untuk meningkatkan penjualan dan merebut pangsa pasar dalam mendapatkan laba maksimal. Penelitian ini bertujuan : (1) Mengidentifikasi bentuk kegiatan pemasaran yang telah dilakukan oleh konveksi XYZ, (2) Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi dan menjadi unsur penyusun strategi pemasaran strategi pemasaran konveksi XYZ dan (3) Memberikan alternatif strategi pemasaran yang lebih tepat untuk diterapkan oleh perusahaan konveksi XYZ. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari kuesioner, data sekunder didapatkan dari berbagai sumber seperti dokumen tertulis dari pihak konveksi XYZ, buku referensi, internet dan lainnya. Alat analisis yang digunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) diproses dengan program Expert Choice 11 dan Microsoft Excel 2007. Berdasarkan hasil penelitian, Faktor-faktor yang teridentifikasi sebagai faktor penyusun strategi pemasaran konveksi XYZ adalah tingkat persaingan, karakteristik pasar, saluran distribusi, teknologi dan harga. Faktor utama yang dipertimbangkan dalam pemilihan strategi pemasaran konveksi XYZ adalah karakteristik pasar dengan bobot 0,309, faktor kedua dengan bobot 0,307 adalah harga, faktor tingkat Persaingan menempati prioritas ketiga dengan bobot 0,177, dan faktor saluran distribusi menempati prioritas keempat dengan bobot 0,112. Faktor teknologi menempati prioritas terakhir (0,094). Alternatif strategi pemasaran konveksi XYZ yang diprioritaskan pertamatama ialah meningkatkan kegiatan promosi (0,3146), alternatif kedua memberikan diskon dengan bobot 0,274, alternatif ketiga menentukan lokasi strategik usaha dengan bobot 0,1845, meningkatkan mutu produk menjadi prioritas ke empat dengan bobot 0,1431 dan kelima memberikan pelatihan kepada SDM dengan bobot 0,0838.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56221
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I368.91 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II491.3 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III414.39 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV565.91 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V382.36 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover336.09 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka362.09 kBAdobe PDFView/Open
H12sra.pdf
  Restricted Access
full text1 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran587.69 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan363.47 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.