Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56214
Title: Analisis Efektivitas Iklan Televisi Mobile Broadband Telkomsel Flash Pada Mahasiswa Strata-1 Institut Pertanian Bogor (IPB)
Authors: Syamsun,Muhammad
Indrawan,R. Dikky
Rahma, Raysah Yunita
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2012
Abstract: Perkembangan teknologi dunia saat ini membawa pengaruh luar biasa bagi gaya hidup setiap orang. Penggunaan internet di dunia semakin lama semakin meningkat dari tahun ke tahun. Survey Internet World Stat mengatakan jumlah pengguna internet di dunia pada tahun 2011 telah mencapai kurang lebih 2 milyar juta jiwa, Asia menempati posisi teratas pengguna internet yaitu 922,3 juta jiwa dan Indonesia merupakan salah satu Negara pengguna internet terbesar di Asia, dilihat dari urutan Indonesia yang berada pada peringkat 11 dalam 20 negara terbesar dalam penggunaan internet. Dari banyaknya jenis mobile broadband tersebut, para operator telekomunikasi tidak kehabisan akal untuk mempromosikan mobile broadband-nya. Salah satunya yaitu Telkomsel Flash, data pertumbuhan pelanggan broadband Telkomsel Flash 2011 sangat menggembirakan, yaitu jumlah pelanggan Telkomsel Flash mengalami kenaikan sebesar 74,4% dari sebelumnya tahun 2010 2.97 juta menjadi 5.19 juta pada 2011. Penelitian ini bertujuan : (1). Menganalisis efektivitas iklan televisi mobile broadband Telkomsel Flash versi “GPL (Gak Pake Lama)” dengan menggunakan model struktural (2) Menentukan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian nyata sehingga dapat mengklasifikasikan antara kelompok mahasiswa yang membeli atau tidak membeli mobile broadband Telkomsel Flash. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan model Consumer Decision Model (CDM) dengan menggunakan perangkat lunak smartPLS dan analisis diskriminan dengan menggunakan Minitab 14. Hasil dari analisis efektifitas iklan, informasi pada iklan di media televisi mobile broadband Telkomsel Flash versi “GPL (Gak Pake Lama)” berpengaruh terhadap variabel-variabel yang diukur pada CDM sampai dengan pembelian nyata, terdapat 3 jalur yang efektif yaitu jalur pertama dari pesan iklan (F) ke kepercayaan konsumen (C) lalu ke niat beli (I) dan ke pembelian nyata (P), jalur kedua dari pesan iklan (F) lalu membangun pengenalan merek (B) sehingga menimbulkan sikap konsumen (A) maka akan terjadi niat beli (I) dan akhirnya kepada pembelian nyata (P), jalur ketiga dari pesan iklan (F) ke sikap konsumen (A) lalu ke niat beli (I) dan ke pembelian nyata (P). Sehingga dapat dikatakan bahwa iklan mobile broadband Telkomsel Flash versi “GPL (Gak Pake Lama)” di media televisi tersebut mampu mengkomunikasikan informasi dengan efektif kepada konsumen. Hasil dari analisis diskriminan yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian nyata dan tidak mobile broadband Telkomsel Flash pada mahasiswa adalah status mahasiswa, saran dari teman, jaringan akses, pengetahuan tempat pembelian, kepercayaan merek, kepribadian, dan media informasi
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56214
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I492.48 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II602.7 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III739.55 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV1.52 MBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V431.62 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover356.17 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka434.03 kBAdobe PDFView/Open
H12ryr.pdf
  Restricted Access
full text2.23 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran601.5 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan348.93 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.