Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56200
Title: Analisis Kepuasan Pembayar Pajak Terhadap Pelayanan Pembayaran Pajak Pada PT. Bank DKI Cabang Tanjung Priok
Authors: Sarma,Ma’mun
Kresnawanda, Panji
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2012
Abstract: Salah satu usaha untuk mewujudkan kemandirian suatu bangsa, yaitu dengan mencari sumber dana yang berasal dari dalam negeri berupa pajak. Pajak digunakan untuk membiayai pembangunan yang dapat berguna untuk kepentingan bersama. Pada dasarnya, pembangunan nasional dilakukan oleh masyarakat bersama pemerintah. Oleh karena itu, peran masyarakat dalam pembiayaan untuk pembangunan harus terus ditumbuhkan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kewajibannya dalam membayar pajak. Selain itu, pajak yang dipungut oleh pemerintah digunakan untuk menjaga kelangsungan hidup negara dan sumber pembiayaan belanja-belanja yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menjalankan roda pemerintahan. Bank DKI merupakan salah satu Bank Pembangunan Daerah di DKI Jakarta yang selalu memberikan pelayanan yang maksimal agar dapat memberikan kepuasan kepada para nasabahnya. Salah satu pelayanan yang diberikan Bank DKI adalah pelayanan pembayaran pajak yang ditujukan untuk para wajib pajak yang berada di DKI Jakarta. Bank DKI sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang terdapat di DKI Jakarta menyediakan fasilitas pelayanan pembayaran pajak, diantaranya: pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pembayaran Pajak penghasilan (PPh), pembayaran Pajak Pertambahan Nilai (PPN) serta pembayaran Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Mengidentifikasi karakteristik pembayar pajak di loket pembayaran pajak PT. Bank DKI Cabang Tanjung Priok, Menganalisis hubungan antara karakteristik responden terhadap tingkat kinerja pelayanan loket pembayaran pajak PT. Bank DKI Cabang Tanjung priok, Mengidentifikasi tingkat kepentingan pembayar pajak terhadap kualitas pelayanan loket pembayaran pajakPT. Bank DKI Cabang Tanjung Priok, Menganalisis kinerja pelayanan loket pembayaran pajak PT. Bank DKI Cabang Tanjung priok berdasarkan penilaian pembayar pajak. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dari 100 orang pembayar pajak dengan menggunakan alat bantu kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dengan teknik korelasi Product Moment Pearson dan reliabilitas dengan teknik Alpha Cronbach. Sedangkan, data sekunder diperoleh melalui data-data dari perusahaan, penelusuran pustaka, dan publikasi elektronik (Internet). Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis Importance and Performance Analysis dapat diketahui bahwa terdapat empat atribut yang dianggap penting oleh konsumen akan tetapi kinerjanya masih belum memenuhi sehingga merupakan prioritas yang harus diperbaiki, yaitu: ketanggapan dan kesediaan petugas untuk mengecek terlebih dahulu nominal yang dibayarkan, sikap karyawan ketika menanggapi keluhan dari pembayar pajak, kebersihan ruang tunggu serta tempat parkir yang memadai. Sedangkan untuk hasil penelitian dengan menggunakan analisis Customer Satisfaction Index (CSI), diperoleh nilai sebesar 73,61% yang secara umum pembayar pajak pada PT. Bank DKI Cabang Tanjung Priok sudah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56200
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I386.15 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II488.68 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III673.88 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV992.6 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V410.39 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover382.46 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka452.98 kBAdobe PDFView/Open
H12pkr.pdf
  Restricted Access
full text1.84 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran773.65 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan397.58 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.