Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56172
Title: Efektivitas Iklan Televisi Mobile Broadband Smartfren Versi “I Hate Slow” Pada Mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor (IPB)
Authors: Syamsun,Muhammad
Indrawan, R. Dikky
Merismana, Jessica
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2012
Abstract: Perkembangan dunia dan globalisasi menyebabkan informasi semakin menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan. Internet berperan penting dalam penyediaan informasi, hal tersebut meningkatkan jumlah produsen penyedia jasa layanan internet seperti mobile broadband. Ketatnya persaingan di industri mobile broadband membuat PT Mobile-8 Telecom dan PT Smart Telecom melakukan meger dan bersepakat menggunakan logo serta nama baru yaitu Smartfren. Keputusan merger tersebut bertujuan efisiensi biaya, sehingga dapat menggabungkan galeri, media iklan, dan promosi. Mobile broadband Smartfren terus berusaha meningkatkan market share, salah satu caranya dengan membuat iklan televisi bertema “I Hate Slow” dengan konsep memberikan solusi kepada semua orang yang mengalami kekecewaan karena koneksi internet yang lamban. Pasar potensial mobile broadband adalah mahasiswa karena kesehariannya yang lekat dengan internet. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui efektivitas iklan televisi mobile broadband Smartfren versi “I Hate Slow” dalam mengkomunikasikan informasinya kepada mahasiswa S1 Institut pertanian Bogor (IPB) dan (2) Menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian nyata sehingga dapat mengklasifikasikan kelompok mahasiswa S1 IPB yang membeli atau tidak membeli mobile broadband Smartfren. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan pembagian kuisioner kepada responden. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur yang terkait dengan penelitian. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan model Consumer Decision Model (CDM), diolah dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS versi 2.0 M3 dan untuk analisis diskriminan dibantu perangkat lunak Minitab 14 dan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan televisi mobile broadband Smartfren versi “I Hate Slow” efektif dalam mengkomunikasikan informasinya melalui jalur sikap konsumen baik melalui pengenalan merek, maupun tanpa melalui pengenalan merek terlebih dahulu. Sikap konsumen tersebut mampu menumbuhkan niat beli yang berujung kepada pembelian nyata mobile broadband Smartfren. Selain itu juga ditemukan adanya impulse buying oleh konsumen yang terjadi setelah mendapatkan pesan iklan versi “I Hate Slow” melalui televisi yang langsung mengarahkan konsumen kepada pembelian nyata mobile broadband Smartfren. Hasil analisis diskriminan berhasil menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian nyata sehingga dapat mengklasifikasikan antara kelompok mahasiswa yang membeli dan tidak membeli. Faktor-faktor tersebut adalah status kemahasiswaan, saran dari teman, lokasi tempat tinggal, wiraniaga, jaringan akses, pengetahuan tempat pembelian, kepercayaan merek, gaya hidup, iklan, media informasi televisi, dan pengalaman menggunakan layanan internet lain sebelumnya.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56172
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I512.16 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II771 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III627.17 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV1.51 MBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V433.28 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover436.11 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka436.67 kBAdobe PDFView/Open
H12jme.pdf
  Restricted Access
full text2.35 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran676.71 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan434.8 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.