Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56147
Title: Strategi Peningkatan Daya Saing PT Saung Mirwan dengan Pendekatan Analytic Network Process (ANP)
Authors: Syamsun,Muhammad
Setiawan, Alim
Arlan, Yuti
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2012
Abstract: Sayuran merupakan komoditi yang tersedia dalam jumlah yang cukup banyak di Indonesia yang merupakan negara agraris. Besarnya potensi sayuran disadari oleh banyak pelaku usaha sehingga memicu munculnya para pesaing dalam agribisnis sayuran. Munculnya para pesaing, ditambah dengan harga pesaing yang lebih murah, menuntut pihak PT Saung Mirwan yang sudah sangat lama berkecimpung dalam bisnis ini, untuk dengan cermat merumuskan strategi yang tepat agar dapat meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan keunggulan kompetitif agribisnis sayuran, (2) menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi daya saing PT Saung Mirwan, (3) merumuskan strategi berdasarkan faktor internal dan eksternal yang dimiliki oleh PT Saung Mirwan, dan (4) membuat prioritas strategi untuk meningkatkan daya saing PT Saung Mirwan. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui indepth interview dan pengisian kuesioner oleh responden. Data sekunder diperoleh dengan mengumpulkan informasi dari tempat penelitian dan literatur. Alat analisis yang digunakan adalah Porter’s Diamond Model, Matriks SWOT, dan Analytic Network Process (ANP). Pengolahan data menggunakan software Microsoft Excel 2007 dan Superdecisions 2.0.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumberdaya alam, teknologi, jumlah pembeli, tingkat pertumbuhan pembelian, dan petani mitra merupakan atribut yang paling besar pengaruhnya terhadap daya saing agribisnis sayuran dan yang paling rendah pengaruhnya adalah strategi pesaing. Penelitian juga menunjukkan bahwa kekuatan utama dari PT Saung Mirwan adalah mutu produk yang sudah mencapai kualitas ekspor, sedangkan kelemahan utama adalah karyawan yang kurang inisiatif dan sudah mulai jenuh. Peluang utama bagi PT Saung Mirwan adalah tren gaya hidup konsumen (pola hidup sehat), sedangkan yang menjadi ancaman utama adalah serangan hama dan anomali iklim. Analisis dengan menggunakan Matriks SWOT menghasilkan lima alternatif strategi untuk meningkatkan daya saing, yaitu menyediakan produk sesuai demand, mengadakan training dan gathering untuk karyawan, smart promotion, melaksanakan produksi sesuai prosedur, dan strategi efisiensi biaya. Analisis dengan menggunakan Analytic Network Process (ANP) menunjukkan bahwa strategi utama untuk meningkatkan daya saing PT Saung Mirwan adalah strategi melaksanakan produksi sesuai prosedur.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56147
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I427.93 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II669.59 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III769.7 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV642.64 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V351.89 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover278.73 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka351.68 kBAdobe PDFView/Open
H12yar.pdf
  Restricted Access
full text2.15 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran993.31 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan406.01 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.