Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56052
Title: Pendugaan Daya Gabung dan Heterosis Ketahanan Terhadap Phytophthora capsici Leonian Pada Persilangan Dialel Penuh Enam Genotipe Cabai (Capsicum annuum L.)
Other Titles: Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Yang Dibiayai Oleh Hibah Kompetitif "Peningkatan Perolehan HKI Dari Hasil Penelitian Yang Dibiayai Oleh Hibah Kompetitif
Authors: Yunianti, Rahmi
Sastrosumarjo, Sarsidi
Sujiprihati, Sriani
Surahman, Memen
Hidayat, Sri Hendrastuti
Keywords: cabai
phytophthora capsici
daya gabung
heterosis
Issue Date: 2007
Publisher: Dept. Agronomi dan Holtikultura Faperta-IPB
Abstract: Dengan tujuan untuk menduga daya gabung dan heterosis ketahanan cabai terhadap P. capsici, telah dibentuk 30 hibrida hasil persilangan dialel penuh enam tetua cabai (IPB C2, IPB C4, IPB C8, IPB C9, IPB C10, dan IPB C15). Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2006 sampai bulan April 2007 di Darmaga Bogor. Ketahanan ditentukan berdasarkan indeks penyakit dan panjang nekrosis dengan menginokulasi bibit cabai berumur 28 hari dengan cara menyiramkan 5 ml inokulum (105 zoospora/ml) pada pangkal tanaman. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tidak terdapat pengaruh internal. Dari enam tertua hanya IPB C4 yang mempunyai DGU positif, sehingga IPB C4 dapat digunakan sebagai tetua untuk perakitan varietas cabai tahan P. capsici. Persilangan yang memiliki DGK dan resiprokalnya positif dengan kriteria agak tahan (nilai tengah > 0.5) hanya tiga persilangan yaitu IPB C4x IPB C9, IPB C4 x IPB C2, dan IPB C4xIPB C8). Diperoleh lima persilangan dengan heterosis positif dengan urutan IPB C4 x IPB C9> IPB C9x IPB C4>IPB C10x IPB C8>IPB C10xIPB C9>IPB C8x IPB C10. Berdasarkan nilai DGU, DGK, heterosis dan tingkat ketahanan persilangan yang dihasilkan tetua yang bai untuk pembentukan cabai hibrida tahan terhadap P. capsici adalah IPB C4 dengan IPB C9.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56052
Appears in Collections:Proceedings

Files in This Item:
File SizeFormat 
memen S - Prosiding Hibah kompetitif 1.pdf2.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.